5 Penghalang Pembangunan Konstruksi RI

Pengerjaan Konstruksi (Infrastruktur) Bangunan di Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Asosiasi Kontraktor Indonesia (AKI) menilai tahun 2012 merupakan tahun konstruksi. Hal itu ditandai dari banyaknya proyek pembangunan. Sayangnya, lima masalah harus terlebih dahulu diselesaikan agar pembangunan infrastruktur bisa berhasil.
 
"Tahun ini tahun konstruksi, karena sangat luar biasa pembangunan konstruksi," kata Ketua Umum Asosiasi Kontraktor Indonesia, Sudarto, di Kementerian Pekerjaan Umum, Jakarta, Kamis 26 Januari 2012.
 
Sudarto menuturkan, persoalan pertama yang dihadapi pemerintah dan swasta adalah masih kurangnya pasokan sumber daya manusia (SDM) andal di bidang konstruksi. Tak hanya pekerja di tingkat paling rendah, kekurangan SDM andal juga terjadi hingga tingkat manajemen.

KLHK: 3,37 Juta Hektare Lahan Sawit Terindikasi Ada dalam Kawasan Hutan

Persoalan lain yang harus diselesaikan, menurut dia, adalah kebijakan pemerintah untuk menurunkan suku bunga modal kerja dari yang berlaku saat ini sebesar 12 persen menjadi hanya 9 persen. Penurunan bunga pinjaman dinilai bisa meningkatkan daya saing Indonesia.

Dari segi peralatan, Sudarto mengungkapkan, perusahaan konstruksi selama ini tidak memiliki kemampuan membeli alat baru maupun meningkatkan kemampuan penguasaan teknologi. Bahkan, kondisi ini berlangsung sejak 1998 hingga 2008.

BI Catat Modal Asing Kabur dari Indonesia Rp 1,36 Triliun

"Leasing dengan alat berat sekarang maksimum 3 tahun. Kemampuan kontraktor lokal menambah alat berat, minimal meminta waktu pembiayaan 5 tahun," ujarnya.

AKI juga menilai, ketersediaan pasokan bahan material bisa mengganggu pembangunan sejumlah proyek pada tahun ini. Masalah itu diperparah dengan ulah segelintir pihak yang memainkan harga dan mengatur pasokan bahan baku ke pasar.

Mumpung Ramadhan, Ammar Zoni Banyak Berdoa Agar Segera Bebas dari Penjara

"Barang hilang pada bulan Oktober sampai Desember, Maret-April gampang. Akhir tahun sulit. Kalau ada, harga tinggi. Proyek single years mengalami kesulitan," kata Sudarto.
 
Terakhir, Sudarto mengungkapkan, masalah penyebaran alat berat dan material yang tidak merata juga dikhawatirkan bisa mengganggu pencapaian proyek masterplan percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Indonesia (MP3EI).

"Ambisi saja untuk bangun Indonesia secara merata, tapi di sisi lain tak ada kemampuan mengadakan peralatan secara besar," kata dia. (art)

Endrick

Pelatih Timnas Brasil Peringatkan Real Madrid soal Endrick

Pelatih Timnas Brasil, Dorival Junior senang dengan keberhasilan Endrick mencetak gol saat bermain imbang 3-3 dengan Timnas Spanyol dalam pertandingan uji coba, kemarin.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024