FOTO: Menakertrans Temui Buruh Tangerang

Diskusi Buruh dengan Menakertrans
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Demonstrasi besar-besaran para buruh se-kabupaten Bekasi, Jumat 27 Januari lalu menutup akses tol Jakarta-Cikampek. Para buruh di Tangerang pun berencana menggelar sabotase serupa pekan depan, juga mempersoalkan upah mereka yang masih belum layak. 

Kate Middleton Akhirnya Tampil di Hadapan Publik, Isu Konspirasi Terbantahkan

Tak ingin sabotase itu terulang, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi menemui sejumlah buruh di asal Tangerang di kantornya.  Dia didampingi Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, Kapolda Metro Jaya Untung S Rajab, dan perwakilan Apindo.

Dalam pertemuan tersebut disepakati pihak Apindo bersedia mencabut gugatan di PTUN paling lambat dalam waktu 1 minggu dan SK Gubernur Banten yang menyangkut Upah Minimum Kota (UMK) tetap berlaku.

Muhaimin juga berencana mengumpulkan kepala daerah terkait ancaman demo buruh pada Kamis, 9 Februari 2012 yang akan diselenggarakan oleh serikat pekerja di Tangerang.

Muhaimin menjelaskan dalam rapat tersebut nantinya semua aspek akan dibahas. Ia meminta dalam penetapan upah agar disesuaikan dengan kebutuhan daerah. Pada Jumat nanti, pemerintah akan melakukan rapat koordinasi dengan para Gubernur se-Indonesia dan membahas tumpang tindih lahan dan masalah perburuhan.

Sebelumnya untuk mengantisipasi demo buruh itu, Kepolisian Daerah Metro Jaya dan Komando Daerah Militer (Kodam) Jaya melakukan gelar pasukan mengantisipasi demo buruh yang akan berlangsung di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Klik foto pertemuan para buruh dengan Menteri Muhaimin Iskandar di tautan ini.

Jokowi Prihatin Sekaligus Berduka atas Insiden yang Menimpa Marhan Harahap di Sumut
Komisioner KPU RI August Mellaz.

KPU Nilai Unjuk Rasa Jelang Penetapan Pemilu Hal Biasa dan Selalu Ada

KPU menilai unjuk rasa menjelang penetapan hasil pemilu adalah hal yang biasa. KPU tak mengecilkan ataupun membesarkan aspirasi yang saat ini tengah digaungkan di luar.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024