LPS: Waspadai Deposito Berbunga Tinggi

Seorang nasabah melakukan transaksi di bank peserta penjaminan LPS.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) berpesan agar masyarakat berhati-hati menyimpan dananya di bank yang memberikan suku bunga deposito jauh tinggi di atas penjaminan lembaganya.

Ada Apa di Kota Isfahan Iran yang Baru Saja Diserang Israel?

LPS justru menilai pemberian suku bunga deposito terlalu tinggi justru menunjukkan bank tersebut kurang sehat.

"Ini perlu diwaspadai, karena tingginya suku bunga deposito bisa saja dananya tidak dijaminkan ke LPS," kata Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan, Heru Budiargo, di Jakarta, Kamis, 2 Februari 2012.

Menurut Heru, nasabah yang memperoleh bunga deposito tinggi sebenarnya diuntungkan secara tidak wajar. Bisa saja, uang nasabah tersebut tak dapat dikembalikan jika banknya tempat simpanan deposito itu berhenti beroperasi.

Sekadar informasi, LPS hanya akan menjaminkan dana deposito nasabah di bawah Rp2 miliar dengan suku bunga yang sudah ditetapkan oleh LPS Rate.

Berdasarkan data LPS, sekitar Rp1 triliun dana simpanan masyarakat di 46 bank yang dilikuidasi sejak 2006, ternyata hanya Rp670 miliar yang dinilai layak bayar. Sementara itu, sisanya sebesar Rp445 miliar justru dianggap tidak layak bayar. (art)

Ngeri Peringatan Terbaru Iran kepada Israel, Mulai Sebut Nuklir
PO Bus Borlindo

Sopir Bus yang Ajak Makan 30 Penumpang di Rumah Mertuanya saat Lebaran dapat Rp100 Juta

Sopir bus bernama Satir Tajuddin sempat viral karena mengajak seluruh penumpang makan di rumah mertuanya saat hari lebaran. Kini, Satir dikabarkan mendapat banyak donasi.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024