TUTUP
TUTUP
BISNIS

Menakertrans Soroti Kebijakan Upah Buruh

Menakertrans menyoroti ketegasan dewan pengupahan dalam penetapan upah buruh daerah.
Menakertrans Soroti Kebijakan Upah Buruh
Diskusi Buruh dengan Menakertrans (VIVAnews/Ikhwan Yanuar)

VIVAnews - Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi menyoroti inkonsistensi pelaksanaan surat keputusan gubernur yang diduga sebagai pemicu permasalahan demo buruh beberapa hari terakhir.

"Masalahnya bukan di kewenangan Kemenakertrans," kata Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar, di Jakarta, Kamis, 2 Februari 2012.

Muhaimin juga membantah adanya pandangan sebagian pihak yang menganggap masalah buruh muncul karena perbedaaan pandangan. Lagi-lagi,  politisi Partai Kebangkitan Bangsa ini, justru menyoroti konsistensi semua pihak yang terlibat dalam dewan pengupahan di masing-masing daerah.

"Setiap tahun masing-masing dewan pengupahan melakukan survei. Jadi, setiap kabupaten kebutuhan berbeda, setiap provinsi itu kebutuhan berbeda, di situlah harus ada ketegasan," kata Muhaimin.

Sementara itu, terkait subsidi pemerintah kepada buruh dalam bentuk jaminan sosial, Muhaimin menyatakan pemerintah hanya mampu memfasilitasi sistem dan tata kelola jaminan sosial.

Tetapi, Muhaimin melanjutkan, tahap awal pemerintah masih harus menggunakan sistem yang ada supaya terjadi perbaikan nasib buruh. "Upah buruh sesuai dengan kemajuan perusahaan serta yang lebih penting lagi adalah perusahaan dan pekerja harus duduk bersama," ujar Muhaimin. (art)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP