Menakertrans Soroti Kebijakan Upah Buruh

Diskusi Buruh dengan Menakertrans
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi menyoroti inkonsistensi pelaksanaan surat keputusan gubernur yang diduga sebagai pemicu permasalahan demo buruh beberapa hari terakhir.

Honda Brio dan Kijang Innova Kalah Laku dari Mobil Ini

"Masalahnya bukan di kewenangan Kemenakertrans," kata Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar, di Jakarta, Kamis, 2 Februari 2012.

Muhaimin juga membantah adanya pandangan sebagian pihak yang menganggap masalah buruh muncul karena perbedaaan pandangan. Lagi-lagi,  politisi Partai Kebangkitan Bangsa ini, justru menyoroti konsistensi semua pihak yang terlibat dalam dewan pengupahan di masing-masing daerah.

"Setiap tahun masing-masing dewan pengupahan melakukan survei. Jadi, setiap kabupaten kebutuhan berbeda, setiap provinsi itu kebutuhan berbeda, di situlah harus ada ketegasan," kata Muhaimin.

Sementara itu, terkait subsidi pemerintah kepada buruh dalam bentuk jaminan sosial, Muhaimin menyatakan pemerintah hanya mampu memfasilitasi sistem dan tata kelola jaminan sosial.

Tetapi, Muhaimin melanjutkan, tahap awal pemerintah masih harus menggunakan sistem yang ada supaya terjadi perbaikan nasib buruh. "Upah buruh sesuai dengan kemajuan perusahaan serta yang lebih penting lagi adalah perusahaan dan pekerja harus duduk bersama," ujar Muhaimin. (art)

Tinggal di Sini 100 Hari Bisa Awet Muda
Shin Tae-yong

Serangan Balik Shin Tae-yong ke Pemain Vietnam: Dia Tidak Bisa Baca

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong buka suara terkait ucapan pemain Vietnam yang membandingkan pemain diaspora Indonesia dengan pemain Belanda.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024