BI: Rata-rata Suku Bunga Dasar Kredit 9 %

Gedung Bank Indonesia (BI).
Sumber :
  • VivaNews/ Nur Farida

VIVAnews-  Direktur Direktorat Penelitian dan Pengaturan Perbankan Bank Indonesia (BI), Wimboh Santoso, mengatakan rata-rata Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) industri perbankan berada di level 9 persen.

Menurut dia, penurunan suku bunga kredit sudah terlihat sejak Agustus 2011. Namun, demikian kredit ritel rata-rata suku bunga masih cukup tinggi. Wimboh mengatakan, mulai Juli-Agustus 2011 trennya mulai stabil suku bunganya. Karena April sampai Juli masih dalam proses sosialisasi.

Vokalis Hindia Geram Lagunya Dipakai Anak Ridwan Kamil Promosi Produk Pro Israel

"Kalau SBDK-nya sebenarnya sudah single digit. Hanya saja variasinya satu bank dengan bank lain berbeda. Untuk kredit ritel itu, kenapa lebih tinggi karena biasanya ritel ini membutuhkan cost yang lebih tinggi karena membutuhkan tenaga kerja yang banyak," ujarnya di BI, Jumat, 3 Februari 2012.

Wimboh juga mengungkapkan, BI akan terus memantau SBDK perbankan, baik dari sisi besaran dan aspek penunjang lainnya. Dalam rencana bisnis bank (RBB) 2012, BI akan fokus dalam penurunan suku bunga perbankan.

Di sisi lain, BI juga akan mengatur pertumbuhan dan uang muka kredit pemilikan rumah (KPR) dan multifinance. Menurut dia, idealnya down payment (DP) atau uang muka itu sebesar 30 persen. Namun, sekarang bervariatif yaitu ada yang 20 persen untuk kredit otomotif.

Tentara Korea Selatan mengambil bagian latihan penembakan di Zona Demiliterisasi

Menegangkan! Tentara Korea Selatan Gelar Latihan Senjata Besar di Dekat Perbatasan Korut

Angkatan Darat dan Korps Marinir Korea Selatan dilaporkan melakukan latihan artileri tembakan langsung di dekat perbatasan Korea Utara.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024