BISNIS

BI: Rata-rata Suku Bunga Dasar Kredit 9 %

Penurunan suku bunga kredit sudah terlihat sejak Agustus 2011.

ddd
Jum'at, 3 Februari 2012, 16:00
Bank Indonesia
Bank Indonesia (VivaNews/ Nur Farida)

VIVAnews-  Direktur Direktorat Penelitian dan Pengaturan Perbankan Bank Indonesia (BI), Wimboh Santoso, mengatakan rata-rata Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) industri perbankan berada di level 9 persen.

Menurut dia, penurunan suku bunga kredit sudah terlihat sejak Agustus 2011. Namun, demikian kredit ritel rata-rata suku bunga masih cukup tinggi. Wimboh mengatakan, mulai Juli-Agustus 2011 trennya mulai stabil suku bunganya. Karena April sampai Juli masih dalam proses sosialisasi.

"Kalau SBDK-nya sebenarnya sudah single digit. Hanya saja variasinya satu bank dengan bank lain berbeda. Untuk kredit ritel itu, kenapa lebih tinggi karena biasanya ritel ini membutuhkan cost yang lebih tinggi karena membutuhkan tenaga kerja yang banyak," ujarnya di BI, Jumat, 3 Februari 2012.

Wimboh juga mengungkapkan, BI akan terus memantau SBDK perbankan, baik dari sisi besaran dan aspek penunjang lainnya. Dalam rencana bisnis bank (RBB) 2012, BI akan fokus dalam penurunan suku bunga perbankan.

Di sisi lain, BI juga akan mengatur pertumbuhan dan uang muka kredit pemilikan rumah (KPR) dan multifinance. Menurut dia, idealnya down payment (DP) atau uang muka itu sebesar 30 persen. Namun, sekarang bervariatif yaitu ada yang 20 persen untuk kredit otomotif.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com