DPR dan BTN Debat Soal Bunga Murah KPR

Investor Summit 2011
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - PT Bank Tabungan Negara Tbk menawarkan bunga kredit untuk program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) sebesar 7,75 persen. Asumsinya, bunga ini masih memiliki margin keuntungan 1,50 persen.

"Tawaran kami 7,75 persen dengan skema pembiayaan 60:40. Artinya 60 persen bunga ditanggung pemerintah dan 40 persen BTN," kata Direktur Utama Bank Tabungan Negara, Iqbal Latanro, dalam pemaparannya di depan Komisi Keuangan dan Perbankan DPR, di Jakarta, Rabu 8 Februari 2012.

Iqbal menambahkan, jika pemerintah menginginkan skema kedua dengan porsi pembiayaan 50:50, suku bunga FLPP menjadi 8,55 persen, dengan margin keuntungan tetap 1,50 persen.

Namun, Wakil Komisi XI Harry Azhar Aziz menilai bunga yang ditetapkan BTN masih cukup tinggi. "BCA saja bisa 7 persen untuk kredit dua tahun, dan 10 persen kredit 10 tahun," kata Harry.

Sebenarnya, pemerintah menargetkan program FLPP bisa berjalan pada awal Februari. Namun, hingga kini perjanjian kerja sama operasional antara pemerintah dan perbankan mengenai penetapan suku bunga kredit pemilikan rumah belum juga terealisasi.

Cara Ruqyah Diri Sendiri Sesuai Syariat Islam, Agar Terbebas dari Gangguan Jin

Kementerian Negara Perumahan Rakyat menginginkan bunga KPR melalui program FLPP berkisar 5-6 persen dengan skema pembiayaan 50:50, sedangkan perbankan minta lebih tinggi. (art)

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol. Hadi Wahyudi.(B.S.Putra/VIVA)

Mau Lebaran, Dua Kepala Sekolah Malah Jadi Tersangka Korupsi PPPK di Langkat

Penyidik Tipikor Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumatera Utara, menetapkan dua tersangka dalam kasus korupsi dan suap seleksi Penerimaan Pegawai Pemerintah deng

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024