Bank Dunia Buka Lowongan Presiden

Presiden Bank Dunia (World Bank) Robert Zoellick
Sumber :
  • World Bank

VIVAnews - Bank Dunia (World Bank) membuka lowongan untuk nominasi calon pengganti Robert Zoellick sebagai presiden Bank Dunia yang akan mundur pada Juni mendatang. Biasanya posisi top di lembaga keuangan itu diisi oleh pejabat atau eksekutif dari Amerika Serikat.

Bank Dunia, dalam keterangannya, memberikan batas waktu kepada 187 negara anggotanya untuk mengirimkan nama-nama nominasi hingga 23 Maret 2012. Nama-nama teratas nantinya akan dipilih pada pertemuan antara Bank Dunia dan Dana Moneter INternasional (IMF) pada April 2012.

Seperti dikutip VIVAnews dari laman reuters.com, Sabtu, 18 Februari 2012, tiga nama teratas akan dipublikasikan jika seluruh anggota menyetujuinya.

Selama beberapa tahun terakhir, kelompok negara berkembang terus mendesak agar memiliki suara lebih besar di institusi keuangan global ini. Kelompok ini juga mendesak proses seleksi yang lebih kompetitif.

Usulan mereka tentu saja ditolak oleh Amerika Serikat yang senantiasa bersikeras mempertahankan posisinya sebagai presiden Bank Dunia.

Tak hanya Bank Dunia, kelompok negara berkembang juga telah menekan secara agresif proses pemilihan Managing Director IMF. Posisi ini biasanya dipegang oleh negara-negara yang berasal dari Eropa.

Bank Dunia mengatakan, pata calon kandidat harus memiliki rekam jejak kepemimpinan, dan pengalaman dalam mengelola organisasi yang besar. Selain itu, calon nominasi juga harus berkomitmen menjalin kerjasama multilateral dan memiliki visi yang jelas mengenai pengembangan Bank Dunia ke depan. (ren)

Kembali Beroperasi, Pabrik Roti di Gaza Diserbu Ratusan Warga Palestina hingga Antre Berjam-jam
Timnas Indonesia vs Australia di Piala Asia U-23

5 Fakta Menarik Timnas Indonesia Usai Hancurkan Australia di Piala Asia U-23

Timnas Indonesia meraih kemenangan atas Australia dengan skor 1-0 dalam Piala Asia U-23 Grup A di Stadion Abdullah Bin Nasser pada Kamis malam kemarin, 18 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024