Kepemilikan Properti RI Kalah dari Malaysia

Apartemen di Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Jaringan website properti, iProperti Group, mengungkapkan mayoritas penduduk Indonesia belum menjadikan properti sebagai instrumen investasi jangka panjang.

Kementan Lepas Ekspor Komoditas Perkebunan ke Pasar Asia dan Eropa

"Jenis properti lain seperti perumahan yang disubsidi oleh pemerintah, hotel, dan ruko hanya dipilih sebagian kecil masyarakat Indonesia," kata Chief Executive Officer (CEO) iProperti Group, Shaun Gregorio, dalam keterangan tertulis yang diterima VIVAnews.com, Rabu, 22 Februari 2012.

Dari survei iProperti, mayoritas penduduk Indonesia yang disurvei telah memiliki rumah sebesar 91,2 persen. Sementara itu, 4,9 persen lainnya memiliki apartemen.

Cole Palmer Jadi Pusat Perhatian Jelang Man City vs Chelsea

Shaun mengungkapkan, dalam survei itu juga diketahui bahwa 33,6 persen dari sampel yang disurvei, memiliki satu atau lebih properti. Namun, dibandingkan negara lain, kepemilikan properti Indonesia dinilai lebih rendah.

"Misalnya Malaysia sebesar 40 persen. Penduduk Malaysia memiliki dua atau lebih properti dan merupakan proporsi yang lebih tinggi dibandingkan di negara lain," ujar dia.

Shaun berharap, para pengembang properti ke depan bisa membantu mendorong masyarakat Indonesia memiliki properti. Lebih jauh, mereka diharapkan bisa menjadikan properti tersebut sebagai investasi jangka panjang.

Berdasarkan survei dari Badan Pusat Statistik pada 2010, kebutuhan rumah layak tinggal di Indonesia mencapai hingga 13 juta unit dari jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 240 juta jiwa.

Mayat Wanita 'Open BO' Ditemukan di Pulau Pari, Polisi Teliti Penyebabnya Lewat Cara Ini

Saat ini, sekitar 78 persen dari jumlah penduduk itu telah menempati properti yang layak sebagai tempat tinggal. Sementara itu, sisanya sebesar 21 persen atau sekitar 13 juta keluarga belum menempati properti pribadi. (art)

Anies dan Cak Imin saat silaturahmi  hari raya lebaran tahun 2024

Cak Imin Posting Foto Bareng Dasco Gerindra, Apa Artinya?

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengunggah foto bersama Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024