Harga BBM Naik, Inflasi Bisa 5,5%

Pembatasan Bahan Bakar Minyak (BBM) Bersubsidi
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Gubernur Bank Indonesia, Darmin Nasution, menilai inflasi akan naik menjadi di atas 5 persen jika pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM). Bahkan, jika kenaikan harga BBM Rp1.500 per liter atau dari Rp4.500 menjadi Rp6.000, akan memicu inflasi sebesar 5,5 persen.

"Kenaikan harga BBM memang diperlukan untuk mengamankan APBN," ujar Darmin di Jakarta, Kamis 23 Februari 2012.

Menurut dia, jika harga BBM tidak dinaikkan, neraca pembayaran juga akan kesulitan. Ia menjelaskan, mulai pertengahan 2011, sebenarnya neraca migas mulai timpang. Angka impor migas lebih besar dari ekspor, sehingga transaksi berjalan defisit.

"Itu akan cepat membesar jika tidak direspons sama sekali. Jadi, harus menaikkan harga BBM, orang harus mulai berhemat," ujar Darmin.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah memastikan akan menaikkan harga bahan bakar minyak bersubsidi melalui perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2012. Harga minyak mentah dunia yang tinggi menjadi salah satu alasan kenaikan harga BBM itu.

Menurut SBY, asumsi harga minyak dalam APBN 2012 harus disesuaikan. Pemerintah tidak mungkin lagi menetapkan asumsi dengan harga minyak mentah Indonesia (ICP) US$90 per barel. Sebab, harga ICP saat ini mencapai US$115 per barel.

SBY menjelaskan, dalam dua bulan terakhir, perkembangan perekonomian global penuh dengan ketidakpastian. Krisis ekonomi Eropa belum dapat diatasi sepenuhnya, lalu muncul geopolitik baru di Timur Tengah.

Meningkatnya harga minyak dunia disebabkan situasi geopolitik di Timur Tengah yang terus memanas. Iran menghentikan ekspor minyaknya ke Eropa dan sanksi Amerika Serikat terhadap negara teluk tersebut, mengakibatkan sentimen negatif sehingga harga minyak naik. (art)

KSPSI Bakal Bangun Pusdiklat Terbesar di RI, Andi Gani Pede Selesai 1,5 Tahun
Marjose

Kiprah Pemain Muda Berprestasi di Voli Fikri "Marjose" Sampai Tahun 2024

Cabang olahraga bola voli merupakan salah satu cabang olahraga permainan yang makin populer di Indonesia belakangan ini. Apalagi sejak kemunculan Marjose.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024