Harga BBM Naik

Dahlan: Bantu Orang Miskin Harus Mati-matian

Dahlan Iskan, mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara.
Sumber :
  • VIVANews/Nurcholios Anhari Lubis

VIVAnews - Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan menyatakan dana tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) BUMN harus mati-matian membantu masyarakat miskin yang terkena dampak kenaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi.

Dahlan Iskan menjelaskan, berdasarkan survei pemerintah, masyarakat lebih memilih menaikkan harga BBM bersubsidi dibandingkan dengan program pembatasan BBM bersubsidi maupun program konversi BBM menjadi gas.

"Tetapi tetap saja ada rakyat miskin yang terkena dampak kenaikan harga BBM, dan CSR BUMN harus total fokus di situ," kata Dahlan di Jakarta, 23 Februari 2012.

Menurut Dahlan, Kementerian BUMN tidak akan ikut campur urusan penyaluran dana CSR BUMN. Namun untuk sekali ini, karena permintaan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, maka Kementerian BUMN akan mengkoordinasikan penyaluran dana CSR untuk masyarakat. "Masing-masing BUMN tidak boleh egois demi bangsa," jelasnya.

Saat ini dia sedang memetakan masyarakat miskin yang terkena dampak kenaikan harga BBM. Nantinya, kebutuhan setiap masyarakat miskin di berbagai kawasan, seperti masyarakat miskin di kawasan nelayan dan pegunungan akan berbeda. BUMN, dalam waktu satu bulan ke depan sedang memikirkan paket-paket bantuan CSR apa yang paling cocok di kawasan tersebut.

"Untuk masyarakat pinggir rel, mungkin pasar murah lebih cocok, kawasan nelayan mungkin lebih membutuhkan beras. Teman-teman fokus memikirkan itu," katanya.

Bentuk riil CSR seperti apa, itu sedang dipikirkan oleh kementerian BUMN dalam satu bulan ini,apakah bentuknya paket-paket atau pun semacam bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM). Namun, dia meminta tidak ada lagi dana CSR yang salah arah atapun proyek-proyek CSR yang fiktif atau diada-adakan.

Dia meminta agar seluruh BUMN all out untuk membantu masyarakat miskin, sesuai dengan amanat presiden. Ditambah, laba BUMN pada 2011 mencapai Rp120 triliun, sehingga dia meminta BUMN untuk menambah lagi alokasi CSR. "Kebetulan tahun ini BUMN labanya meningkat cukup besar, jangan perhitunganlah kalau membantu masyarakat miskin," katanya. (umi)

Pelaku Jambret Tinggalkan Mobil Patroli Polisi yang Dia Bawa Kabur di Pinggir Jalan Lalu Kabur
Ilustrasi meruqyah

Cara Ruqyah Diri Sendiri Sesuai Syariat Islam, Agar Terbebas dari Gangguan Jin

Ruqyah atau Rukyah merupakan metode pengobatan menggunakan doa pada orang yang sakit akibat dari ‘ain (pandangan), sihir, rasa sakit, hingga gangguan jin.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024