Jusuf Kalla Berminat Bangun Rumah Murah

Rumah Murah Kemenpera
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Kementerian Perumahan Rakyat berencana menjalin kerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) untuk membangun rumah murah tahan gempa seharga Rp25 juta. Rumah murah ini rencananya dibangun di wilayah bencana.

"Kan beliau ini (Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla) baru kunjungan pertama, baru setelah itu ada nota kesepahaman," kata Menteri Perumahan Rakyat, Djan Faridz, di kantornya, Jakarta, Selasa 28 Februari 2012.

Djan menjelaskan, ketertarikan Jusuf Kalla membangun rumah tahan gempa senilai Rp25 juta, karena harga yang ditawarkan termasuk murah. Biasanya, pembangunan sebuah rumah murah bisa mencapai lebih dari Rp25 juta.

Pengakuan Shin Tae-yong Usai Jordi dan Elkan Baggott Tak Bisa Main Lawan Vietnam

"Begitu melihat rumah murah dengan harga segitu, permanen, tembok, beliau tertarik dan langsung ingin melihat. Kalau rumah murah ini ditempatkan di wilayah bencana, luar biasa menarik," kata Djan.

Selain dari PMI, Djan mengatakan, pihaknya juga menyediakan rumah bagi para pegawai negeri sipil di setiap kabupaten/kota dengan masing-masing kabupaten/kota sebanyak 1.000 unit.

Saat ini, tercatat lebih dari 60 pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota telah berminat mendirikan rumah untuk para abdi negara. "Kalau pemda itu kan pegawai negeri sipil (PNS), tanahnya gratis," ujar Djan.

Sebelumnya, Kemenpera mengakui akan membangun rumah murah seharga Rp25 juta khusus bagi PNS di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Rumah murah ini dibuat dengan luas 36 meter persegi. (art)

DKI Jakarta Buka Mudik Gratis ke 19 Kota, Catat Tanggal dan Cara Daftarnya
Dalam Kasus penggerekan kawasan rawan peredaran narkoba, Kampung Muara Bahari Jakarta Utara, Polres Metro Jakarta Utara menetapkan tujuh tersangka dari 26 orang yang ditangkap.

Kampung Bahari Kembali Diacak-acak Polisi, 7 Bandar Narkoba jadi Tersangka

Selain berbagai jenis narkotika, polisi juga amankan senjata api rakitan, senjata tajam seperti samurai, parang, hingga celurit.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024