Penjualan Sukuk Ritel Capai Rp 2,5 triliun

VIVAnews - Total penjualan sukuk ritel perdana (SR001) hingga 11 Februari sudah mencapai Rp 2,5 triliun. Angka ini jauh melampaui target indikatif awal sebesar Rp1,7 triliun.

Tingginya minat masyarakat danĀ  adanya permintaan upsizing dari agen penjual membuat pemerintah memutuskan menaikkan target penjualan menjadi Rp 3,4 triliun.

Menurut Direktur Pembiayaan Syariah Departemen Keuangan Dahlan Siamat hingga kemarin terdapat lima agen penjual yang meminta menaikkan target penjualannya. Ke lima agen penjual itu adalah PT Andalan Artha Advisindo (AAA) Sekuritas, PT Bank Mandiri Tbk, HSBC, PT Reliance Securities Tbk, dan PT Trimegah Securities Tbk.

"Total target penjualan setelah upsizing kuota Rp 3,4 triliun. Saya optimis ini akan tercapai mengingat sisa waktu penawaran masih ada 9 hari lagi," kata dia kepada VIVAnews Rabu 11 Februari 2009.

Menurutnya minat investor untuk membeli sukuk retail masih cukup besar. Terlebih semua agen penjual masih aktif melakukan penjualan di daerah-daerah. Pencapaian tersebut dirasa cukup baik dalam kondisi pasar saat ini. "Kita berharapĀ  menjelang hari-hari terahir penutupan penawaran pada 20 Februari, permintaan beli sukuk retail akan meningkat tajam sesuai pengalaman dalam penjualan ORI selama ini," katanya.

Sementara untuk penjualan terbesar saat ini dipegang AAA Sekuritas, Bank Mandiri, Trimegah, HSBC, dan Danareksa Sekuritas.

Sukuk ritel SR 001 ditawarkan pada 30 Januari 2009, hingga 20 Februari 2009. Pembelian instrumen ini minimal Rp 5 juta dengan kelipatan Rp 5 juta tanpa batas maksimum pembelian. SR 01 menggunakan akad perjanjian ijaroh (sale and lease back), dengan imbal hasil 12 persen, bertenor tiga tahun.

Masa penjatahan akan berlangsung 23 Februari 2009, dan settlement 23 Februari 2009. Sementara konfirmasi kepemilikan 25 Februari-5 Maret. SR-001 akkan tercatat di Bursa Efek Indonesia 26 Februari 2009.

Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP
Xabi Alonso

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Keinginan Liverpool mendatangkan Xabi Alonso untu musim depan nampaknya menjadi semakin kecil. Karena dikabarkan pelatih asal Spanyol itu mau bertahan di Bayer Leverkusen

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024