Dahlan: Jasa Marga Daerah Terbentuk Dua Bulan

Dahlan Iskan
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan menargetkan pembentukan anak usaha bersama antara Jasa Marga dengan pemerintah daerah terbentuk dalam 1-2 bulan ini. Anak usaha ini nantinya akan menangani pembangunan jalan tol di wilayah Sumatera.

"Studi kelayakannya sudah lama kami lakukan," kata Dahlan di Jakarta, Kamis 8 Maret 2012.

Dia menjelaskan, dari 10 provinsi yang ada di Sumatera, hampir seluruhnya membentuk perusahaan bersama, kecuali Aceh, Bangka Belitung, dan Kepulauan Riau.

"Babel dan Kepulauan Riau belum butuh tol, Aceh juga tidak, karena ada dana khusus yang tinggi sekali sehingga mereka mampu membangun tolnya sendiri," katanya.

Kebutuhan dana untuk membangun tol sepanjang 1.000 kilometer ini mencapai Rp100 triliun dan akan ditanggung bersama antara pemerintah daerah dan Jasa Marga. "Pemda bisa lima persen, sepuluh persen. Sebisanya pemda saja," katanya.

Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum Djoko Murjanto mengatakan, proyek pembangunan jalan tol lintas Sumatera harus melalui proses tender. "Ya, seperti proyek ruas tol yang lain," kata dia saat dihubungi VIVAnews, beberapa waktu lalu.

Tentunya, dia menambahkan, untuk pembangunan proyek Trans Sumatera tidak hanya dilaksakanan satu pihak. "Jadi, meski Jasa Marga diinstruksikan Menteri BUMN menggarap proyek ini, tetap tidak menutup kemungkinan adanya perusahaan lain yang terlibat," ujar Djoko.

Rombak BUMN Energi
Sementara itu Dahlan Iskan memberikan sinyal akan melakukan restrukturisasi perusahaan BUMN yang bergerak di bidang energi dalam waktu dekat ini. "Perombakan BUMN energi ini terkait dengan desain baru perusahaan yang berkaitan dengan energi," katanya. (sj)

Timur Tengah Memanas, Australia Peringatkan Warganya Segera Tinggalkan Israel
Toyota Land Cruiser 250

Terpopuler: Harga Toyota Fortuner Hybrid, Land Cruiser Tangguh Versi Murah

Berita yang membahas mengenai harga Toyota Fortuner Hybrid dan Land Cruiser tangguh versi murah, banyak sekali pembacanya sehingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024