PGN Setuju Relokasi FSRU ke Lampung

Receiving terminal LNG
Sumber :

VIVAnews - PT Perusahaan Gas Negara Tbk menyetujui keputusan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan, yang akan memindahkan proyek terminal Floating Storage Regasification Unit (FSRU) Belawan ke Lampung.

Sebelumnya, dalam Surat Menteri BUMN Nomor S-141/MBU/2012 tertanggal 19 Maret 2012 memutuskan proyek terminal FSRU untuk direlokasi dari Belawan ke Lampung, dan PGN diminta memperkuat infrastruktur gas di wilayah tersebut.

Menteri BUMN memutuskan segala biaya yang telah dikeluarkan oleh PGN selama tahap proyek pembangunan terminal FSRU Belawan akan dimasukkan dalam biaya proyek revitalisasi terminal LNG Arun dan pipanisasi dari Arun ke Sumatera Utara.

"PGN akan segera melaksanakan penguasaan ini dengan mengambil langkah-langkah yang diperlukan, terkait penyelesaian kontrak-kontrak yang telah berjalan," kata Sekretaris Perusahaan PGN, Heri Yusup, dalam penjelasan tertulis, Rabu 21 Maret 2012.

PGN saat ini sedang menyiapkan perizinan dan hal lainnya dalam proyek lokasi yang baru.

Surat Menteri BUMN meminta PT Pertamina untuk menyiapkan solusi alternatif bila komitmen penyelesaian proyek tidak tepat waktu, sehingga industri di Sumatera Utara tetap memperoleh pasokan gas ketika pasokan gas dari PGN habis pada 2014.

Kedua proyek tersebut, yaitu regasifikasi terminal LNG Arun dan FSRU Lampung, telah diusulkan kepada Kepala Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4), Kuntoro Mangkusubroto, untuk ditetapkan dalam Inpres Percepatan Pelaksanaan Prioritas Pembangunan Nasional tahun 2012. (art)

Respons Hasto, Golkar Pastikan Dukung Menantu Jokowi di Pilgub Sumut
Ilustrasi mayat/jenazah.

Kasus Pria Ditemukan Tewas di Freezer Mobil Es Krim, Polisi: Diduga Terkunci dari Luar

Seorang pria berinisial Z ditemukan tewas dalam freezer mobil pengangkut es krim di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024