Hatta: Jatah Menteri Pesawat Kelas Bisnis

Maskapai penerbangan Garuda Indonesia. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • ANTARA/Ismar Patrizki

VIVAnews - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa sepakat dengan wacana agar para pejabat pemerintah menggunakan pesawat terbang kelas ekonomi untuk perjalanan dinas. Namun ketentuan itu tidak dikenakan kepada pejabat setingkat menteri.

"Setuju saja, sekarang kan sudah ekonomi dan peraturannya ekonomi," kata Hatta di Jakarta, Rabu, 28 Maret 2012.

Hatta menjelaskan para pejabat negara tersebut adalah pegawai pemerintah dengan pangkat tertinggi pejabat eselon I. Sementara pejabat setingkat menteri diperbolehkan menggunakan pesawat kelas bisnis.

Keren! Mbah Wahyuni, Pendaki Berusia 71 Tahun yang Sudah Taklukkan Banyak Gunung di Indonesia

Walau lebih tinggi dibandingkan para pejabat eselon I, Hatta menyatakan, kelas penerbangan para menteri tersebut sudah diturunkan. "Itu sudah diturunkan, tidak boleh naik first class," katanya.

Mantan Menteri Perhubungan ini mengaku, belum pernah menggunakan pesawat kelas satu selama hidupnya. "Saya seumur-umur tidak pernah naik first class," katanya.

Seperti diketahui, usulan untuk menghemat anggaran dinas pejabat negara muncul dari Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Widjajono Partowidagdo. Ia mengatakan sebaiknya pejabat negara walaupun mendapat jatah pesawat bisnis dan fasilitas hotel bintang lima sebaiknya melakukan penghematan biaya anggaran.

"Saya usul pejabat negara yang bepergian ke luar kota dengan naik pesawat, jangan pakai kelas bisnis, pakai kelas ekonomi saja," katanya. (umi)

Kris Dayanti

Bulu Mata, Salah Satu Kunci Penampilan Kris Dayanti

Meskipun telah menikah selama beberapa tahun, Kris Dayanti menegaskan pentingnya menjaga penampilan dan kebersihan diri di hadapan suami.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024