Yusril: Uji Ayat 6A, Saya Hanya Advokat

Yusril Ihza Mahendra Datangi Mahkamah Konstitusi
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Mantan Menteri Kehakiman dan HAM, Yusril Ihza Mahendra, menyatakan, permohonan uji Pasal 7 ayat (6) A UU APBN Perubahan 2012 bukan atas nama pribadi. Penggugat, kata dia, tidak hanya perorangan.

Dalam diskusi di ruang wartawan DPR, Rabu 4 April 2012, Yusril mengatakan kliennya adalah perorangan, organisasi, sampai partai politik. "Ada nama dan surat kuasa, saya mewakili orang-orang itu."

Kupas Tuntas Starlink, Satelit Elon Musk yang Siap 'Menerangi' IKN

Pasal 7 ayat (6) A UU APBN P 2012 berbunyi,' Dalam hal harga rata-rata minyak mentah Indonesia (Indonesia Crude Price/ICP) dalam kurun waktu 6 bulan berjalan mengalami kenaikan atau penurunan lebih dari 15 persen, pemerintah diberi kewenangan menyesuaikan harga BBM bersubsidi dengan kebijakan pendukungnya.'

Tak hanya materiil, pemohon juga menguji formil ayat ini. "Formil karena menabrak syarat-syarat formil pembentukan Undang-undang sebagaimana diatur dalam pasal 5 dan pasal 6 Undang-Undang nomor 12 Tahun 2011," kata Yusril.

Menurut Yusril, aturan yang baru lahir 31 Maret lalu itu, bertentangan dengan Pasal 33 dan Pasal 28 D ayat (1) UUD 1945. 

VIVA Militer: Tentara Israel geruduk Rumah Sakit al-Shifa Gaza

520 Warga Palestina Tewas, Terluka dan Hilang di Jalur Gaza dalam Waktu Seminggu

Operasi tentara Israel di kamp pengungsi Nuseirat di Gaza tengah telah mengakibatkan 520 orang tewas, terluka dan hilang dalam waktu seminggu, kata kantor media Gaza.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024