Jakarta Makin Macet, Berkah Buat Pengembang

Mansion at Kemang
Sumber :

VIVAnews - Kemacetan yang terjadi di Jakarta yang kini sudah mulai merambah jalan-jalan kecil di ibukota, ternyata telah menjadi berkah bagi para pengembang properti. Kemacetan yang makin parah ini dipastikan memicu  tren masyarakat Jakarta untuk tinggal sementara di tengah kota.

"Sekarang Jakarta sangat macet, tren ke depan back to city. Mereka punya rumah besar di kawasan sub urban, kaya di luar kota, di kota untuk transit weekdays, kalau weekend ke luar kota," kata Direktur Pengembangan Bisnis PT Pakuwon Jati Tbk, Ivy Wong, saat konferensi pers, topping off Casa Grande Residence, Eightyeight@kasablanka, Kota Kasablanka, Jakarta, Senin 9 April 2012.

Ada Apa dengan Lolly? Ungkapan Capek dan Keinginan Hidup Tenang Jadi Sorotan

Ivy mengakui, saat ini banyak kalangan masyarakat yang mengeluhkan  kemacetan di Jakarta. Di tengah keluhan itu, para pengembang justru melihat sebuah peluang bisnis besar di sektor properti.

Kalangan pengembang yakin, seperti efek domino, kemacetan akan membuat orang semakin menginginkan untuk tinggal di lokasi yang dekat dengan tempat bekerja.

Kendati harga properti di tengah kota semakin tinggi, pengembang yakin kondisi itu takkan menyurutkan minat masyarakat. Sebab, di tengah tingginya harga, masyarakat bisa menikmati suku bunga bank yang cukup rendah dengan inflasi yang tinggi.

5 Fakta Menarik Jelang Timnas Indonesia vs Australia di Piala Asia U-23

Pertimbangan lain adalah pembelian properti di tengah kota sebagai bentuk investasi jangka panjang. "Kondominium sebagian untuk investasi dan disewakan lagi. Banyak yang gara-gara macet, membeli properti untuk kebutuhan tinggal," ujarnya.

Dengan kondisi tersebut, para pengembang yakin tren masyarakat ke depan adalah memiliki rumah kedua untuk tinggal. Dalam proses pemilihannya, masyarakat akan banyak yang beralih ke hunian jenis kondominium. Sebab, untuk membeli rumah, harga tanah terlampau mahal dan memerlukan perawatan ekstra.

"Dulu saya tinggal di Pondok Indah, kerja di Slipi. Kapan saya tidur, kapan punya waktu dengan keluarga. Memikirkan cara efisien dengan keluarga, kondominium untuk weekday," tegasnya.

Menurut Ivy, tren properti akan meningkat jika kondisi politik stabil dan pertumbuhan ekonomi tetap tinggi. Khusus untuk Indonesia, perekonomian  domestik kini telah berkembang, ditunjang pemerintah yang telah mempunyai program ekonomi yang terarah.

"Yang mendukung, sektor manufaktur bagus dan finansial stabil, saya rasa harga akan meningkat," ungkapnya. (art)

Wika Salim Ungkap Kondisi Terkini Tukul Arwana
Pengemudi Fortuner arogan pakai pelat palsu TNI.

Pengemudi Fortuner Arogan yang Ngaku Adik Jenderal Buang Pelat TNI Palsu di Bandung

Polisi masih mencari barang bukti berupa pelat dinas TNI palsu yang digunakan seorang pria berinisial PGWA pada mobil Fortunernya.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024