BISNIS

Aksi Dahlan Kali Ini Salah Sasaran?

Pengelola gerbang tol Ancol Barat bukanlah PT Jasa Marga Tbk.
Senin, 9 April 2012
Oleh : Syahid Latif, Sukirno
Kemacetan di gerbang tol

VIVAnews - Upaya Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan, membuka empat pintu di gerbang tol Ancol Barat, Jakarta, kali ini tak lazim. Sebab, tindakan Dahlan itu dilakukan di gerbang pintu tol yang bukan milik PT Jasa Marga Tbk.

Pintu gerbang tol Ancol Barat ternyata milik PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk yang merupakan operator jalan tol swasta.

"Gerbang tol itu punya CMNP dan bukan punya Jasa Marga," kata Direktur Utama PT Jasa Marga Tbk, Adityawarman kepada VIVAnews.com, Senin, 9 April 2012.

Sayangnya, hingga berita ini diturunkan, VIVAnews belum bisa memperoleh konfirmasi dari manajemen Citra Marga Nusaphala Persada. Telepon genggam Direktur Operasional CMNP, Hudaya, aktif, namun tidak dijawab.

Sementara itu, seorang sumber kepada VIVAnews mengatakan, aksi Dahlan Iskan kali ini bisa dipandang dari sisi yang berbeda. Aksi kali ini menunjukkan langkah Dahlan sama sekali tidak ada kaitannya dengan pencitraan dirinya.

Saat ditanyakan kebiasaan Dahlan yang senantiasa bertanya terlebih dahulu kepada operator jalan tol sebelum memutuskan bertindak, sumber tersebut hanya mengatakan, "Itulah Dahlan Iskan. Dia bergerak dengan spontan."

Untuk diketahui, Dahlan Iskan biasanya menghubungi direktur utama PT Jasa Marga Tbk jika menemukan adanya masalah dalam pengelolaan jalan tol. Dalam aksinya Maret lalu di jalan tol Dalam Kota Jakarta, Dahlan sebelumnya telah menghubungi manajemen Jasa Marga agar secepatnya mengatasi kemacetan di gerbang tol.

Begitu pula ketika jalan tol di ruas Bintaro-Serpong yang sempat terkena banjir beberapa hari lalu, Dahlan sempat mengirimkan pesan kepada Jasa Marga.

Seperti diberitakan, Dahlan Iskan, 'mengamuk' lagi. Kali ini, Dahlan meloloskan mobil-mobil yang mengantre masuk pintu tol di ruas Ancol Barat, Jakarta, yang menjadi langganan kemacetan.

"Pintu tol Ancol Barat luar biasa macetnya," kata Dahlan Iskan dalam instruksinya kepada Deputi Infrastruktur dan Logistik Menteri BUMN, Sumaryanto Widayatin, di Jakarta, Senin, 9 April 2012.

Seperti dikutip VIVAnews dari pesan BlackBerry Messenger Kepala Bagian Humas dan Protokol Kementerian BUMN, Faisal Halimi, Dahlan turun dari mobil dan langsung menggiring deretan mobil agar langsung masuk jalan bebas hambatan itu tanpa membayar tiket sepeser pun. (art)

TERKAIT
TERPOPULER