Borong Airbus, Saham Garuda Enggan "Terbang"

Lantai bursa.
Sumber :
  • ANTARA/Rosa Panggabean

VIVAnews - Rencana PT Garuda Indonesia Tbk memborong 11 Airbus A330-300 senilai US$2,5 miliar atau sekitar Rp22,5 triliun tidak lantas berimbas pada perdagangan saham perseroan di Bursa Efek Indonesia. Hingga pukul 11.08 WIB hari ini, harga saham maskapai milik negara itu justru terkoreksi Rp20 (3,23 persen) ke level Rp600.

Saham perseroan itu masih di bawah harga saat penawaran umum perdana (IPO) di posisi Rp750. Saham dengan nilai kapitalisasi pasar sekitar Rp14 triliun itu membukukan volume transaksi 5,4 ribu lot senilai Rp1,65 miliar. 

Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow

Di industrinya, saham Garuda yang masuk sektor infrastruktur, indeks sahamnya juga melemah 8 poin (1,05 persen) ke level 755,43.

Sore ini, Garuda Indonesia, direncanakan menandatangani kerja sama pembelian pesawat Airbus di Istana Negara. Penandatanganan itu akan disaksikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Perdana Menteri Inggris David Cameron.

Selain membeli Airbus, Garuda sebenarnya sudah memesan belasan pesawat baru dari Boeing. Tahun ini, Garuda mendatangkan 11 pesawat baru yang terdiri atas sembilan Boeing 737-800 NG dan dua Airbus 330-200.

Analis menilai, penurunan harga saham perseroan diduga terimbas pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) yang juga terkoreksi. Hingga pukul 11.03 WIB, IHSG melemah 16 poin (0,4 persen) menjadi 4.132.

Sementara itu, analis PT Panin Sekuritas Tbk, Purwoko Sartono, mengatakan, pasar saham relatif tidak terlalu ramai menyusul minimnya sentimen positif. "Hari ini, kami melihat indeks masih akan bergerak mixed dengan kecenderungan melemah. Kisaran support 4.125 dan resistance 4.170," ujarnya.

Melemahnya IHSG di BEI juga dipengaruhi oleh penurunan mayoritas indeks saham sektoral. Hanya indeks saham sektor konsumsi dan perdagangan yang masih menguat, masing-masing naik 2 persen dan 0,8 persen. (eh)

Ekspansi Perusahaan Musik Terkemuka Asia Tenggara Diresmikan di Indonesia
Sandra Dewi dan Suaminya, Harvey Moeis

Wawancara Lawasnya Jadi Sorotan, Sandra Dewi Ogah Disebut Hidup Bak di Negeri Dongeng

Kehidupan pribadi Sandra Dewi mendadak jadi sorotan pasca penetapan status tersangka suaminya, Harvey Moeis oleh Kejaksaan Agung.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024