Investasi di RI, Anlene Cuma Pindah Pabrik?

Minum susu
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVAnews – Produsen susu asal Selandia Baru, Fonterra, mengumumkan rencana investasi pembangunan pabrik pengolahan dan pengemasan susu di Indonesia, guna mendukung permintaan nutrisi susu berkualitas tinggi yang kian meningkat. Investasi ini akan mendukung ekspansi produk Anlene, Anmum, dan Anchor Boneeto di seluruh Indonesia.

Ketua Dewan Persususan Nasional Teguh Boediyana mengatakan, pembangunan pabrik susu Fonterra di Indonesia tak akan mensejahterakan peternak lokal. Memang, dari pendapatan pajak dan tenaga kerja menguntungkan Indonesia. "Namun bila bahan baku mereka tetap berasal dari Selandia Baru, tak akan bisa mensejahterakan peternak. Ini persis seperti memindahkan pabrik dari Selandia Baru ke Indonesia saja," kata Teguh kepada VIVAnews.com, Selasa, 17 April 2012.

Dia mengatakan, para peternak lokal tak akan merasakan bedanya sebelum dan sesudah pabrik berdiri. Mereka tetap susah menjual hasil susu perahannya.

Shin Tae-yong: Percaya dan Ikuti Saya, Kita Akan ke Final

Pembangunan pabrik bisa mengubah para petani bila perusahaan mau menyerap hasil susu. "Kalau memang kurang sesuai standar, kami akan tingkatkan kualitasnya. Ini bisa dilakukan bila harga jual susu memadai," kata Teguh yang juga ketua Persatuan Peternak Sapi dan Kerbau Indonesia ini.

Mengenai investasi ini disampaikan CEO Fonterra, Theo Spierings, di sela-sela kunjungan bisnis Perdana Menteri Selandia Baru, Senin kemarin. Ini sebagai kelanjutan dari komitmen Global Strategy Refresh Fonterra yang baru diluncurkan beberapa waktu lalu.

Spierings mengatakan bahwa Asia mengungguli pertumbuhan permintaan produk susu di dunia dan Indonesia memainkan peranan besar dalam permintaan ini. “Industri susu Selandia Baru telah menjalin kerjasama dengan Indonesia selama lebih dari 40 tahun memasok produk susu berkualitas tinggi dan permintaan produk susu Indonesia diprediksi akan tumbuh sekitar 50 persen dalam delapan tahun ke depan," kata Spierings dalam keterangan tertulis, Selasa, 17 April.

"Dengan prediksi pertumbuhan yang begitu pesat di Indonesia, kami ingin meningkatkan kemampuan pengolahan dan pengemasan kami di sini untuk mendukung pertumbuhan jangka panjang bisnis kami.”

Fonterra selama ini mengolah dan mengemas produk Anlene, Anmum, dan Anchor Boneeto di Selandia Baru, sebelum mendistribusikannya ke pasar Indonesia. “Produk-produk Fonterra tersebut akan tetap menggunakan bahan baku asal Selandia Baru, sementara pabrik yang baru akan mendukung proses sekunder produksi dan membantu merespons kebutuhan pasar dengan cepat,” ujar Spierings.

Spierings menambahkan bahwa rencana investasi Fonterra di Indonesia merupakan bagian dari strategi global perusahaan untuk lebih mempertajam fokus di kawasan ASEAN. (hp). 

Sejuta Pohon Hijaukan Labuan Bajo: Komitmen Pemerintah Wujudkan Green Tourism
Fuji

Disebut Hard Gumay Bakal Berjodoh dengan Mayor Teddy, Fuji: Aneh Banget Sumpah!

Hard Gumay turun tangan untuk membuat ramalan terkait urusan asmara adik ipar Vanessa Angel tersebut. Konon, Fuji diprediksi bakal menjadi pasangan hidupnya Mayor Teddy.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024