Kalla Yakin Benahi Pelabuhan Priok Setahun

VIVAnews - Ketua Umum Partai Golkar Jusuf Kalla mengakui optimistis mampu membenahi infrastruktur pelabuhan Tanjung Priok hanya dalam tempo setahun.

Ada Apa dengan Lolly? Ungkapan Capek dan Keinginan Hidup Tenang Jadi Sorotan

"Saya yakin dalam setahun ini, infrastruktur Priok bisa dibenahi," katanya dalam Dialog Apindo "Pengusaha Bertanya, Partai Politik Menjawab" di Hotel Four Seasons Jakarta, Senin, 16 Februari 2009.

Kalla melihat belakangan ini pemerintah sudah melakukan pembenahan untuk memperkuat Tanjung Priok menjadi pelabuhan internasional. "Misalnya, jika sebelumnya tidak ada pelabuhan mobil, sekarang sudah ada," katanya.

Selain itu, kata Kalla, akses keluar dan masuk pelabuhan juga perlu diperbaiki. "Sekarang tinggal menunggu pembangunan jalan tol yang mulai dikerjakan," ujarnya.

Kalla saat itu menjawab pertanyaan anggota Apindo Shanti Poesposutjipto yang mengeluhkan penyelesaian arus barang yang lama dibandingkan Malaysia, Singapura, dan Thailand.

"Di Priok bisa sampai 5 hari untuk mengambil barang," ujarnya. Menurut dia, waktu tunggu kapal bisa mencapai 6-18 jam, bahkan produktivitas hanya 20 kontainer per jam dibandingkan negara lain yang rata-rata 25 kontainer per jam.

Selain memperbaiki Priok, Kalla berkeyakinan ekspor Indonesia tidak mengalami penurunan. "Sekarang kebijakannya membuat kinerja ekspor tetap bertahan, terutama untuk unggulan komoditi primer," kata dia.

Menurut dia, Indonesia masih bisa bergantung pada sektor agro industri meskipun sektor manufaktur sedang terpuruk. Kondisi ini, menurut Kalla justru menguntungkan Indonesia dibandingkan China. "Sebab, industri di Indonesia beragam, antara manufaktur dan agro industri sehingga efek krisis tidak terlalu terasa," katanya.

Pengemudi Fortuner arogan pakai pelat palsu TNI.

Pengemudi Fortuner Arogan yang Ngaku Adik Jenderal Buang Pelat TNI Palsu di Bandung

Polisi masih mencari barang bukti berupa pelat dinas TNI palsu yang digunakan seorang pria berinisial PGWA pada mobil Fortunernya.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024