Asing Boleh Beli Rumah di Batam

Barelang, Batam
Sumber :

VIVAnews - Pemerintah akan mendorong warga asing memiliki rumah di Kawasan Ekonomi Khusus seperti Batam, Bintan, dan Karimun.

"Kita akan buat Batam dan Bintan seperti Singapura. Jangan orang kita saja yang berbondong-bondong membeli properti di sana, sekarang kita balik," kata Menteri Perumahan Rakyat, Djan Faridz di Bogor, Jumat malam.

Asing nantinya, menurut Djan, akan diberikan izin memiliki rumah yang dibelinya dengan jangka waktu 60 hingga 90 tahun.

Saat ini, kepemilikan asing di properti, disesuaikan dengan UU 5/1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria yang menyebutkan pembagian periode hak pakai WNA selama 25 tahun, kemudian diperpanjang 20 tahun dan dapat diperpanjang lagi 25 tahun.

Kenapa di Batam dan Bintan? Menurut Djan, Batam dan Bintan masuk dalam program Kawasan Ekonomi Khusus yang memiliki kekhususan. "Jadi, kenapa itu tidak kita manfaatkan dalam rangka mendorong tumbuhnya industri properti kita," ujarnya.

Menteri menambahkan, jika orang asing sudah bisa beli rumah akan terdapat sejumlah keuntungan antara lain bahan baku yang dibeli berasal dari dalam negeri dan tenaga kerja yang digunakan adalah asli Indonesia. "Selain itu, rumah yang beli juga tidak bisa dibawa pulang ke negerinya sendiri," kata dia.

Untuk itu, Djan saat ini akan mencari celah agar kepemilikan asing di KEK dapat didorong segera terealisasi. "Tentunya, dibutuhkan koordinasi antara lain dengan Kementerian Keuangan dan kementerian terkait lainnya," lanjutnya.

Ia mengaku akan membuat arahan dari peraturan yang akan dibuat antara lain melalui Peraturan Pemerintah (PP) atau Peraturan Menteri Perumahan (Permenpera).

"Saat ini kita juga telah membahas hal tersebut dengan Badan Pertanahan Nasional mengenai kemungkinan properti di KEK dapat didorong untuk kepemilikan rumah bagi asing," tutur Djan Faridz.

Seperti diketahui  sebelumnya, pemerintah Indonesia akan mendorong pertumbuhan kawasan ekonomi khusus Bintan-Batam dan Karimun dengan mengajak pemerintah serta pengusaha Singapura berinvestasi dan mengembangkan perdagangan di kawasan tersebut.

Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP
Xabi Alonso

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Keinginan Liverpool mendatangkan Xabi Alonso untu musim depan nampaknya menjadi semakin kecil. Karena dikabarkan pelatih asal Spanyol itu mau bertahan di Bayer Leverkusen

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024