FOTO: Aksi Wamen Widjajono Mendaki Gunung

kunjungan wakil menteri ESDM widjajono partowidagdo
Sumber :
  • VIVAnews/ Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Widjajono Partowidagdo langsung menyedot perhatian pekerja pers saat dilantik sebagai Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral pada 19 Oktober 2011 lalu. Rambutnya yang gondrong dan gaya yang acuh tak acuh memunculkan rasa penasaran, siapa gerangan pembantu baru Presiden ini.

Rupanya rambut gondrong ini sesuai dengan hobinya: mendaki gunung. Bahkan usai pelantikan sebagai Wakil Menteri, Widjajono yang dilahirkan di Magelang, Jawa Tengah, pada 16 September 1951 itu, berencana mendaki Gunung Gede.

"Di Indonesia, (gunung) yang tinggi-tinggi sudah semua (didaki)," katanya. (Buka Wawancara dengan VIVAnews dan Foto Kunjungan VIVAnews).

Kubu Ganjar-Mahfud Ingin Suara Prabowo-Gibran Nol, Begini Kata KPU

Di dunia, Pegunungan Himalaya di Nepal dan Gunung Kilimanjaro di Afrika sudah didakinya. (Saksikan Foto-foto Widjajono Mendaki Gunung di Sini).

Hobi mendaki gunung ini lumayan sesuai dengan keahliannya di bidang teknik perminyakan yang tak jauh-jauh dari dunia geologi.  Widjajono meraih gelar sarjana teknik dari Program Studi Teknik Perminyakan ITB pada 1975. Gelar Master of Science (MSc) pada bidang Petroleum Engineering diraihnya pada tahun 1980. Dilanjutkan MSc dalam bidang Operation Research pada 1982, dan MA dalam bidang Economics pada 1986 dari University of Southern California (USC).

Gelar PhD diperolehnya dari universitas yang sama pada 1987, setelah merampungkan disertasi berjudul "An Oil and Gas Supply and Economic Model for Indonesia". Dan sebelum menjadi Wakil Menteri, Widjajono juga menjadi dosen manajemen dan analisis ekonomi proyek migas dan pengelolaan energi, sumber daya mineral pada Program Studi Teknik Perminyakan ITB.

Namun, takdir berkehendak Widjajono menemui yang Maha Kuasa saat melakukan hobinya mendaki gunung. Adalah Gunung Tambora di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, menjadi gunung terakhir yang didakinya. Sabtu 21 April 2012 siang, Widjajono sempat koma sebelum kemudian dokter yang dikirim menjemputnya menyatakan dia telah berpulang. (umi)

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono

Namanya Masuk Bursa Cagub DKI, Heru Budi: Pak Arifin Satpol PP Juga Berpotensi

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengaku belum kepikiran untuk maju dalam Pilkada 2024, dia justru menilai Kasatpol PP DKI Arifin berpotensi maju di Pilkada DKI.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024