BISNIS

Tan Kwang Hie, Penguasa Tamiya Kalbar

Pria berusia 51 tahun ini menciptakan mobil tamiya rakitan dengan nama Nascar.

ddd
Selasa, 24 April 2012, 00:38
Pameran mainan Hong Kong 2012
Pameran mainan Hong Kong 2012 (REUTERS/ Tyrone Siu)

VIVAnews - Terilhami kegandrungan masyarakat pada jenis mainan mobil Tamiya, Tan Kwang Hie (51) berhasil membawa bisnis yang dirintisnya sejak 12 tahun yang lalu menjadi salah satu penguasa pasar mobil mainan Tamiya di Kalimantan Barat (Kalbar). 

Dimulai pada 2000 silam, ide Tan Kwang Hie memulai usaha penjualan mobil mainan Tamiya sebetulnya terbilang sederhana. Pria yang memiliki bisnis di Jalan Siam Kota Pontianak, Kalbar ini sering mengunjungi pertunjukan balap mobil mainan Tamiya di Pasar Kapuas Indah Kota Pontianak kala itu.

“12 tahun menjalani usaha ini. Pertamanya hanya lihat-lihat saja pas ada pertandingan balapan Tamiya," tutur pria yang memiliki tiga anak ini, saat dibincangi VIVAnews di Toko mobil mainan yang terletak di Jalan Siam Kota Pontianak, Senin 23 April 2012.

Dari hobinya menonton pertandingan mobil Tamiya itu, Tan Kwang Hie melihat permainan mobil mainan asal Jepang di kawasan Kalbar umumnya masih minim. Masih banyak peralatan dan fasilitas pendukung permainan mobil balap itu yang kurang mendukung. Disinilah, naluri bisnisnya mulai muncul.

Awalnya, Tan Kwang Hie mendatangkan semua jenis mobil mainan Tamiya yang didatangkannya dari Jakarta. Setiap bulannya, hampir beratus mobil Tamiya sengaja ia beli lewat jasa pengiriman barang.

Untuk satu buah mobil mainan, ia menjual dengan harga terjangkau berkisar antara Rp65 ribu hingga Rp200 ribu per buah. Namun untuk jenis Tamiya rakitan, Tan Kwang Hie bisa menjual dengan harga Rp1 juta hingga Rp4 juta. Variasi harga mobil mainan tersebut tergantung dari jenis bahan yang dipakai.

"Semua daerah di Kalimantan barat itu mobil-mobilan Tamiya ini ke saya belinya.  Begitu juga ketika ada kegiatan pertandingan,” ungkapnya sembari merakit mobil mainan Tamiya.

Selama ini, sejumlah penggemar mobil Tamiya yang berkunjung ke show room-nya tak hanya berasal dari wilayah Kalbar. Tak jarang, warga lainnya di luar daerah ini juga ikut berkunjung. 

“Kebanyakan orang  disini yang banyak main permainan ini ya disini. Mereka itu bawa anak-anaknya kesini. Ada juga yang sudah bekerja main tamiya ini. Kesenangan keluarga yang bawa keluarga mereka  kesini,” ungkap pria yang hobi merakit mobil mainan Tamiya ini.

Usahanya memulai bisnis mobil mainan pun berkembang pesat dan kini Tan Kwang Hei menjadi pemasok barang mobil mainan  ke seluruh wilayah Kalimantan Barat. Bahkan di salah satu Show Room mainan Tamiya yang dimilikinya, dia berani menjamin seluruh kebutuhan penggila Tamiya bisa dipenuhinya.

“Pokoknya apa aja ada disini, tinggal pesan saja apa yang di beli,” ucap pria ramah ini.

Untuk membuat pelanggannya tetap setia, Tan Kwang Hie tak jarang menggelar kompetisi balapan Mini 4 WD di show room-nya. Bahkan dalam sebulan, tokonya bisa tiga kali menggelar kompetisi balapan. "Itu biasanya hari-hari libur,” tuturnya lagi.
 
Saat ini, ia menambahkan, banyak sekali pesanan yang membuat mobil mainan rakitan buatannya. Ia pun sempat kewalahan menerima orderan yang sangat banyak. Sampai dari pagi hingga malam ia merakit mobil mainan Tamiya  tersebut.
 
"Sekarang ini lagi ramai–ramainya mobil rakitan order ke saya. Nama mobil rakitan itu Nascar. Ini mobil rakitan, harganya bisa mencapai jutaan rupiah lebih. Karena aksesorisnya sangat mahal mobil-mobilan ini. Mobil mainan Tamiya  ini biasanya ditandingkan dengan kecepatan tinggi,” demikian dia menjelaskan.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com