Bank Mandiri Tambah 20 Cabang di Luar Negeri

Bank Mandiri.
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews- PT Bank Mandiri Tbk akan membuka 20 cabang di luar negeri. Bank Mandiri berharap asas resiprokal segera diterapkan demi kemudahan bank lokal menambah cabang di luar negeri.

Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), Zulkifli Zaini mengatakan selama ini perbankan nasional terus membuka cabang di luar negeri. "Harapannya resiprokal juga," kata Zulkifli di sela paparan publik di Plaza Mandiri, Jakarta, Rabu 25 April 2012.

Bank Mandiri sendiri saat ini memiliki 7 kantor cabang di luar negeri. Pada 27 April 2012 Bank Mandiri akan membuka cabangnya di Shanghai.

Dia berharap, azas resiprokal bisa diterapkan di beberapa negara yang dimungkinkan untuk membuka cabang termasuk di China. Di China, kata Zulkifli, Bank Mandiri memang boleh membuka cabang, namun ada beberapa persyaratan yang dirasakan cukup menyulitkan.

"Kita hanya boleh menerima deposit dolar Amerika, bukan remimbi, kredit hanya boleh dalam bentuk dolar Amerika, ada pembatasan di sana," ujarnya.

Selain itu, kata Zulkifli, Bank Mandiri juga tidak boleh masuk ke nasabah sektor retail. Di beberapa negara juga diberlakukan hal yang sama, misalnya di Malaysia, Singapura, Hongkong dan China tentunya.

Dia berharap perbankan seperti Bank Mandiri bisa diberikan kesempatan untuk membuka cabang di luar negeri. Sebab, pasar luar negeri masih cukup besar. Bank Mandiri, kata Zulkifli, berharap dapat tumbuh bersama Indonesia dan orang-orang Indonesia yang berada di luar negeri.

"Pengusaha Indonesia di luar negeri cukup banyak di Singapura, Hong Kong, Malaysia, China. Ada juga TKI, kenapa harus khawatir?" ujarnya.

Di Singapura, dia mencontohkan, banyak orang Indonesia yang menetap di negara itu dan menjadi nasabah perbankan. Orang itu, kata Zulkifli, ketika di Indonesia mempunyai rekening Bank Mandiri, maka sebaiknya di Singapura juga menggunakan Bank Mandiri.

"Akan lebih mudah. Kami tidak bisa, karena lisensinya tidak boleh ke retail, buka ATM di Changi saja susah," ujarnya. (eh)

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024