BNI Securities Rekomendasi Beli Saham Garuda

PM Inggris David Cameron Tinjau Pesawat Garuda Indonesia
Sumber :
  • ANTARA/Rosa Panggabean

VIVAnews - Di tengah kabar masuknya salah satu pengusaha nasional yang akan membeli saham PT Garuda Indonesia Tbk yang dimiliki tiga sekuritas BUMN, analis merekomendasikan beli (buy) saham maskapai pelat merah itu.

Namun, rekomendasi beli untuk saham Garuda Indonesia itu cenderung dipengaruhi faktor kinerja perseroan.

Riset PT BNI Securities menyebutkan, Garuda Indonesa berencana menambah rute penerbangan ke empat negara di Eropa pada 2014. Untuk itu, perseroan akan mengembangkan armada dengan menambah tujuh pesawat.

Saat ini, menurut riset itu, Garuda hanya memiliki satu jalur penerbangan ke Eropa yaitu Jakarta-Amsterdam. Nantinya, perseroan akan menambah rute penerbangan ke Inggris, Jerman, Italia, dan Prancis.

"Penambahan jalur penerbangan ke Eropa seiring rencana untuk memperbesar pangsa pasar di jalur internasional," kata analis BNI Securities, Maxi Liesyaputra, dalam analisisnya, Kamis 26 April 2012.

Maxi menambahkan, tingkat permintaan terhadap jalur penerbangan internasional dari Indonesia ke beberapa negara Eropa diperkirakan meningkat. Perseroan akan menggunakan pesawat hemat bahan bakar untuk mendukung ekspansinya sekaligus meningkatkan efisiensi.

"Untuk 2012, kami perkirakan Garuda dapat membukukan pendapatan Rp34,3 triliun dengan laba bersih Rp1,5 triliun," tuturnya.

Dia menjelaskan, dengan potensi peningkatan kinerja melalui rencana ekspansi rute internasional itu, harga saham Garuda di Bursa Efek Indonesia ditargetkan dapat menembus level Rp750. Target tersebut menggunakan metode arus kas
terdiskon atau discounted cash flow (DCF). "Rekomendasi kami buy," ujarnya.

BNI Securities juga memproyeksikan price to earning ratio (PER) Garuda mencapai 10 kali tahun ini. PER tersebut lebih rendah dibanding akhir tahun lalu sebesar 18,6 kali. Laba bersih per saham (EPS) juga diproyeksikan naik dari Rp35,6 menjadi Rp66,1.

Caleg Demokrat Fathi Lolos ke Senayan Bareng Melly Goeslaw dari Dapil Jabar I

Total aset diproyeksikan meningkat menjadi Rp20,9 triliun, dengan kewajiban mencapai Rp363,2 miliar. Proyeksi aset Garuda tersebut tumbuh dari tahun sebelumnya sebesar Rp18 triliun.

Sementara itu, hingga perdagangan pukul 11.10 WIB hari ini, harga saham Garuda stagnan di level Rp660. (eh)

Billy Syahputra

Dekat dengan Banyak Wanita, Billy Syahputra Gerah Sering Dijodohkan

Billy Syahputra mengaku sempat ‘gerah’ dengan komentar netizen yang selalu menjodoh-jodohkannya dengan wanita yang dekat dengannya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024