Enam Daerah Paling Andal Kendalikan Inflasi

Keraton Mangkunegaran Solo
Sumber :
  • http://tempatwisata.web.id

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan penghargaan kepada sejumlah daerah yang berhasil mengendalikan laju inflasi. Kali ini sebanyak tiga provinsi dan tiga kabupaten/kota dinilai layak memperoleh penghargaan tersebut. 

Dewan Keamanan PBB Dikritik karena Gagal Tegakkan Resolusi saat Serangan di Gaza Meningkat

Tiga provinsi yang dinilai berhasil menjaga inflasi adalah Sumatera Utara untuk wilayah Sumatera, Jawa Barat bagi wilayah Jawa, dan Sulawesi Selatan untuk wilayah Indonesia timur. Sementara itu, tiga kabupaten yang mendapat penghargaan tersebut adalah Pematang Siantar, Balikpapan, dan Solo.

"Saya ucapkan terima kasih juga kepada kepala daerah yang tidak ke depan tadi (menerima penghargaan), dan penghargaan dari saya atas kerja kerasnya," ujar Presiden Yudhoyono di Jakarta, Rabu, 16 Mei 2012.

Gara-gara Wanita, Bripda DR Aniaya Tenaga Kesehatan Hingga Hidungnya Patah

Menurut Yudhoyono, pemerintah Indonesia mengucapkan selamat kepada tiga provinsi yang menerima penghargaan tersebut. Seraya berharap penghargaan ini bakal menjadi salah satu penyemangat daerah untuk terus meningkatkan perannya dalam pengendalian inflasi.

Dalam penganugerahan kali ini, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa, ditunjuk sebagai wakil pemerintah yang menyerahkan penghargaan kepada tiga provinsi dan tiga kabupaten kota tersebut.

Di antara pemimpin daerah yang memperoleh penghargaan, perhatian peserta Rapat Koordinasi Nasional Tim Pengendali Inflasi Daerah tertuju pada Walikota Solo, Joko Widodo.

MK Sebut Sidang Sengketa Pileg Dimulai 29 April 2024

Pantauan VIVAnews, penyerahan penghargaan kepada walikota yang tengah melaju dalam perebutan jabatan gubernur DKI Jakarta ini termasuk yang paling meriah. Tepuk tangan membahana ketika Joko Widodo naik ke atas podium mengenakan safari dinasnya.

Sebagai informasi, Rakornas III TPID dihadiri oleh sekitar 700 peserta yang terdiri atas 486 peserta delegasi daerah dan sekitar 214 peserta lainnya.

Acara ini juga dihadiri Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution dan kementerian-kementerian terkait. Sementara itu, sejumlah menteri yang hadir di antaranya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Menteri Keuangan Agus Martowardojo, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, Menteri Pertanian Suswono, serta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik.

Sebelumnya, Presiden Yudhoyono juga mengusulkan pemberian penghargaan bagi daerah yang mampu menjaga pertumbuhan ekonomi nasional. Sebaliknya, teguran bakal dilayangkan bagi yang lalai menjaga pertumbuhan ekonomi, mengurangi pengangguran, dan kemiskinan.

Usulan tersebut mengemuka di tengah upaya pemerintah menggapai target pertumbuhan ekonomi sebesar 6,5 persen. Untuk mengukur keberhasilan, pemerintah akan melihat pada data-data seputar pertumbuhan ekonomi, angka kemiskinan, dan pengangguran.

Presiden mengakui bahwa setiap provinsi di Indonesia memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lain. Untuk itu, ia ingin mendengar presentasi menteri dalam negeri mengenai sistem yang cocok digunakan di masing-masing daerah. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya