Kuartal I, Tiga Lapangan Gas Mulai Beroperasi

lapangan gas
Sumber :
  • bpmigas.go.id

VIVAnews - Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BPMIGAS) menyampaikan bahwa sebanyak tiga lapangan gas telah mulai berpoduksi pada kuartal pertama 2012. Tiga lapangan tersebut memiliki total potensi produksi sebesar 130 juta kaki kubik per hari (MMSCFD). 

Dulu Lawan Sekarang Kawan, Momen Shin Tae-yong Bawa Korsel Bantai Timnas Indonesia U-23

Ketiga lapangan tersebut adalah Lapangan APN E&F di Blok Offshore Northwest Java (ONWJ) dengan operator Pertamina Hulu Energi (PHE) ONWJ; Lapangan Wortel di Blok Sampang dengan operator Santos (Sampang) Ltd; dan Lapangan Tembang Subsea di Blok B dengan operator ConocoPhillips Indonesia.

“Lapangan-lapangan gas ini sudah mulai onstream di kuartal pertama tahun 2012. Kita berharap proyek-proyek ini dapat memberikan tambahan pasokan gas untuk domestik,” ujar Kepala Divisi Humas, Sekuriti dan Formalitas BPMIGAS Gde Pradnyana di Jakarta, Minggu, 20 Mei 2012.

Lapangan APN E&F dan Lapangan Tembang Subsea masing-masing memiliki potensi produksi sebesar 50 MMSCFD dan 40 MMSCFD. Adapun potensi produksi Lapangan Wortel ditargetkan mencapai 40 MMSCFD untuk gas, 500 barel per hari (BPD) untuk minyak, dan 250 BPD untuk kondensat.

Di luar tiga lapangan gas tersebut, proyek hulu migas lain yang rampung di kuartal pertama 2012 adalah pemasangan pipa penyalur minyak (transfer line) dari Lapangan Tampi, Blok Merangin Dua, di Musi Rawas, Sumatera Selatan.

Lapangan yang dioperasikan oleh Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Sele Raya Merangin Dua ini sebenarnya sudah mulai berproduksi di tahun 2010. Namun, selama ini minyak dari Lapangan tersebut diangkut ke pelabuhan terdekat dengan menggunakan truk dan terbatasnya fasilitas jalan membuat pengangkutan sering mengalami kendala.

Selesainya pemasangan pipa ini diharapkan dapat menaikkan produksi minyak dari lapangan tersebut dari sekitar 1.300 BPD menjadi 1.900 BPD.

Delegasi Korea Utara Kunjungi Iran, Isu Kerjasama Semakin Kuat
Pertemuan Prabowo Subianto dengan Muhaimin Iskandar Usai Pemilu 2024

Cak Imin: PKB Ingin Terus Bekerja Sama dengan Gerindra

Cak Imin beraarap keinginan kerja sama antara PKB dan Gerindra ini dapat terwujud.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024