PLN Ekspor Listrik ke Malaysia, Ini Alasannya

Dirut PLN Nur Pamudji
Sumber :
  • VIVAnews/ Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - PT PLN (Persero) berencana ekspor listrik ke Malaysia mulai 2017. Malaysia mengalami kekurangan pasokan listrik hingga 5.000 megawatt, sehingga perlu mengimpor listrik dari Indonesia.

Direktur Utama PLN, Nur Pamudji, menjelaskan saat ini terdapat 5.000 MW listrik dari pembangkit listrik gas di Malaysia yang hilang karena terjadinya penurunan pasokan gas.

Menurut dia, Malaysia sekarang ini sedang menderita listrik. Pembangkit listrik tenaga gas yang totalnya 12.000 MW, tiba-tiba 5.000 MW di antaranya tak bisa beroperasi karena pasokan gasnya kurang. "Sumurnya sudah habis, tiba-tiba habis, empat tahun habis lebih awal," kata Nur Pamudji saat berkunjung ke redaksi VIVAnews, pekan lalu.

Ia menjelaskan perwakilan Malaysia telah datang ke PLN untuk mengimpor listrik. "Ini langsung kami sambut, ekspor listrik kan bagus sekali," katanya.

Nur menjelaskan ekspor listrik ini baru akan terealisasi pada 2017 mendatang, namun harus disiapkan dari sekarang. Kontrak perjanjian jual-beli harus selesai tahun ini juga agar ekspor listrik dapat terealisasi.

"Kontrak itu jangkanya empat tahun untuk merealisasikan ekspor listrik dalam jumlah besar," ujar Nur. (ren)

Ada Sosok Mencurigakan saat Pertandingan Persik Vs Bhayangkara FC
Gilbert Lumoindong dan Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah, Cholil Nafis

Terima Maaf Pendeta Gilbert, MUI: Dia Tidak Ada Niat Menghina Islam

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menerima permohonan maaf Pendeta Gilbert Lumoindong terkait khotbahnya yang viral di media sosial dianggap menyinggung umat Islam.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024