Calon Ketua OJK Sudah Mulai Lobi DPR?

Harry Azhar Azis
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews- Wakil Ketua Komisi XI DPR, Harry Azhar Aziz, mengungkapkan, lobi-lobi menjelang pemilihan calon Ketua Otoritas Jasa Keuangan sudah mulai terasa. Bahkan beberapa dari ke 14 calon tersebut mulai mendekati anggota fraksi di Komisi XI.

"Saya kira ada beberapa nama calon yang SMS saya," kata Harry di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa 29 Mei 2012.

Meski fit and proper test belum dimulai,  namun ia tak membantah adanya rapat internal fraksi terkait siapa nama yang cocok untuk menduduki kursi Ketua OJK.  "Kami di fraksi Golkar sudah ada rapat beberapa kali tapi belum ada keputusan," ujarnya.

Rencananya proses uji kelayakan dan kepatutan akan dilakukan 7-14 Juni 2012. Dari tes yang berlangsung selama sepekan itu, anggota Komisi XI DPR akan menetapkan satu pimpinan dan enam anggota Dewan Komisioner OJK. DPR akan memilih  pimpinan dan anggota Dewan Komisioner OJK pada pada 19 Juni 2012.

Proses pemilihan Dewan Komisioner OJK rencananya berlangsung dalam beberapa tahap. Pertama, pemilihan Ketua OJK dari dua calon ketua yang diajukan oleh Presiden yaitu Muliaman D Hadad dan Achjar Iljas. Menurut Harry, DPR bisa saja memiliki kewenangan untuk tidak memilih nama calon ketua OJK. "Kami bisa pilih salah satu atau karena usulan yang masuk, kami tidak pilih keduanya," tegasnya.

Kedua, Komisi XI akan memilih enam anggota OJK. Pada pemilihan tersebut, DPR tidak akan menentukan jenis jabatan dan posisi keenam anggota OJK tersebut. "Kami memilih dewan komisioner, kami sudah sepakat tidak menyarankan untuk menentukan jabatan. Sekali lagi, kami hanya memilih anggota," tambahnya.

Hakim Geram ke Saksi di Sidang Korupsi Tol MBZ: Proyek Triliunan Gini kok Main-main
Liverpool vs Everton

5 Fakta Menarik Jelang Duel Everton vs Liverpool di Premier League

Liverpool akan menyambangi markas Everton dalam lanjutan Premier League di Stadion Goodison Park pada Kamis dini hari nanti, 25 April 2024, pukul 02.00 WIB.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024