Disentil Presiden, Ini Jawaban PLN

Dirut PLN Nur Pamudji
Sumber :
  • VIVAnews/ Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - PT PLN (Persero) mengaku siap menjalankan perintah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menghentikan pembangunan pembangkit listrik yang menggunakan bahan bakar minyak (BBM). Instruksi Presiden ini dianggap sebagai tantangan besar.

Direktur Utama PLN Nur Pamudji menjelaskan, PLN telah menghentikan pembangunan pembangkit listrik bertenaga BBM. Namun, PLN masih harus berjuang keras menghapus pembangkit listrik tenaga diesel yang saat ini masih digunakan untuk menerangi pulau-pulau kecil di Indonesia.

"Saat ini, 90 persen pulau-pulau kecil masih menggunakan diesel," kata Nur Pamudji kepada VIVAnews.

Ia menambahkan, untuk mengganti pembangkit listrik diesel di pulau-pulau kecil itu merupakan tantangan tersendiri bagi PLN. Sebab, berbagai energi terbarukan seperti pembangkit listrik tenaga surya membutuhkan investasi sangat besar.

Namun, Pamudji mengakui, masih ada satu energi terbarukan yang relatif murah dan belum banyak dikembangkan di Indonesia, yaitu biomassa. Energi ini telah menjadi satu alternatif pembangkit listrik yang telah dimanfaatkan berbagai negara.

Ia menuturkan, Biomassa belum banyak dikembangkan di Indonesia dan PLN sendiri hingga saat ini belum ada satu pun pembangkit listrik yang menggunakannya.  "Saat ini, yang kembangkan biomassa hanya perkebunan karena sumber energi biomassa itu dari ampas sawit yang tidak digunakan," katanya.

Nur menjelaskan, biomassa dapat dijadikan alternatif energi untuk pembangkit listrik di pulau-pulau kecil menggantikan pembangkit diesel. Alasannya, sumber energi biomassa tersedia di pulau-pulau kecil karena hanya membutuhkan kayu-kayu dan biomassa yang termasuk dalam energi terbarukan.

Ia menuturkan, PLN segera memasukkan pembangunan pembangkit listrik biomassa ini dalam Rencana Kerja dan Anggaran (RKAP) 2013 mendatang agar dapat segera dibangun menggantikan pembangkit listrik BBM. Rencananya, di pulau-pulau kecil nantinya akan dibangun pembangkit listrik biomassa dengan kapasitas 1 megawatt.

"Kalau hitung-hitungan investasinya belum ada, karena baru akan direncanakan pada pertengahan tahun ini dan dimasukkan pada anggaran kerja 2013," tuturnya.

Sebelumnya Presiden SBY dalam pidatonya menyentil PLN untuk menghentikan pembangunan pembangkit listrik bertenaga BBM dan meningkatkan pembangunan pembangkit listrik bertenaga energi baru terbarukan (EBT).

"Kepada jajaran PLN, saya minta untuk menghentikan pembangunan pembangkit listrik yang menggunakan BBM. Sebaliknya, perluas dan tingkatkan pembangunan pembangkit listrik dengan energi baru dan terbarukan, seperti listrik tenaga surya, panas bumi, tenaga air, dan biomasa," kata Susilo Bambang Yudhoyono. (asp)

Warga Brebes Ramai-ramai Gadai Emas Usai Dipakai Lebaran
Heboh Foto Pendeta Gilbert Pegang Bendera Israel

Heboh! Beredar Foto Pendeta Gilbert Peluk Bendera Israel

Menyusul kontroversi yang dibuat Pendeta Gilbert Lumoindong terkait salat dan zakat dalam Islam, kini muncul potret Gilbert tengah berfoto dengan bendera Israel.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024