BEI: Pasar Modal RI Pulih Paling Cepat

Bursa Efek Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Direktur Penilaian Perusahaan PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Eddy Sugito, mengatakan, meski sempat terpuruk, pasar modal Indonesia paling cepat pulih dibanding negara lain. Secara fundamental, pasar modal di dalam negeri sangat kuat.

"Problem sekarang memang Eropa, tapi nggak perlu khawatir. Meski tetap harus selektif," kata Eddy ketika ditemui di kantornya, Jakarta, Kamis 7 Juni 2012.

Menurut dia, minat investor saat ini terbilang tinggi untuk masuk kembali ke pasar modal. "Kepercayaan terhadap Indonesia tinggi. Jadi, jangan cepat panik dengan kondisi global. Pilih investasi untuk horizon lebih panjang," tambahnya.

Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Ternyata Masih Anak-anak, Bos Akan Diperiksa

Kendati demikian, Eddy mengakui bahwa kondisi pasar global seperti ini sulit untuk meminta investor segera masuk ke pasar modal. "Pasti kalkulasi penilaian pasar berdasarkan benefit yang mereka hitung," katanya.

Dia juga berpendapat, penguatan kembali indeks harga saham gabungan (IHSG) saat ini belum dapat dikatakan pasar sudah pulih benar. Sebab, kemarin, IHSG sempat naik 2,8 persen, sedangkan hari ini naik di atas satu persen.

Sementara itu, terkait volatilitas pasar, Eddy memprediksi tetap seperti saat ini. Sebab, permasalahan Eropa belum selesai seperti di Yunani yang akan menggelar pemilu pada 17 Juli mendatang.

"Belum lagi Prancis yang ganti presiden dari Partai Sosialis. Jerman pun mulai gerak pemilu. Jadi, banyak faktor yang perlu dicermati. Tapi, Indonesia tetap yang dilirik," ujarnya.

Seperti diketahui, IHSG di Bursa Efek Indonesia kembali menguat dalam mengawali transaksinya hari ini, Kamis 7 Juni 2012. Bursa global dan regional yang bergerak positif dinilai menjadi pemicu berlanjutnya rebound.

IHSG dibuka menguat 38,31 poin atau 0,99 persen di posisi 3.879,64 pada transaksi Kamis 7 Juni 2012. Level ini melanjutkan penguatan pada prapembukaan pagi tadi yang naik 35,45 poin atau 0,92 persen ke posisi 3.876,78.

Bahkan, indeks sempat menembus level psikologisnya kembali di posisi 3.900 pada awal perdagangan hari ini, yakni di 3.909.

Zulhas Enggan Revisi Aturan Barang Bawaan dari Luar Negeri: Bayar Pajak Dong!

Sementara itu, IHSG ditutup naik 6,61 poin atau 0,17 persen ke level 3.847,94 pada akhir transaksi sesi pertama hari ini. (art)

Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

KPU Sebut Gugatan Ganjar-Mahfud yang Singgung Jokowi Salah Sasaran

KPU RI menilai gugatan kubu Ganjar-Mahfud yang menyinggung soal penyalahgunaan kekuasaan Presiden RI Jokowi salah sasaran.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024