Investasi Bodong, Bapepam Andalkan Satgas

Bapepam
Sumber :
  • ANTARA

VIVAnews - Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) mengungkapkan lembaganya bersama Kepolisian RI dan Bank Indonesia telah membentuk satuan tugas (Satgas) terkait maraknya kasus investasi ilegal.

"Satgas sudah melakukan tugasnya dari waktu ke waktu untuk diteruskan  supaya memberikan efek jera kepada pihak-pihak yang melakukan penawaran umum yang ilegal," kata Kepala Bapepam-LK, Nurhaida, di Gedung DPR, Jakarta, Senin, 11 Juni 2012.

Nurhaida menilai, produk investasi bodong, seperti koperasi Langit Biru, tidak ditawarkan melalui proses penawaran umum. Tak hanya itu, produk investasi ilegal itu juga umumnya tak menerapkan ketentuan umum yang selama ini berlaku.

Melihat gejala tersebut, Bapepam-LK mengimbau masyarakat agar lebih waspada terhadap penawaran produk investasi. Selain itu, masyarakat diharapkan bisa meningkatkan pengetahuannya terkait jenis-jenis produk investasi.

"Edukasi penting, perlu dilakukan edukasi kepada masyarakat. Dari waktu ke waktu selalu ada pelanggaran seperti ini, bisa memberikan efek jeranya," katanya.

Dari sisi regulator, Bapepam-LK berjanji akan melakukan pengawasan yang lebih ketat terhadap produk investasi yang dijual kepada masyarakat. Setidaknya, lembaga pengawas keuangan seperti Bapepam-LK dan BI akan menelaah lebih dalam terkait produk tersebut.

Cegah Tragedi Tol Japek KM 58, Contraflow saat Arus Balik Dikawal Safety Car

Seperti diketahui, Kepolisian Daerah Metro Jaya masih mendalami dugaan penipuan dan penggelapan dana nasabah PT Gradasi Anak Negeri dengan total kerugian mencapai Rp390 miliar. Dalam waktu dekat, polisi akan memanggil saksi ahli untuk menjelaskan perusahaan tersebut.

PT Gradasi Anak Negeri (GAN) didirikan pada Januari 2012. Perusahaan ini telah memiliki investor sebanyak 21.000 orang dengan dana investasi mencapai Rp 390 miliar.

Untuk menjaring investor, PT GAN menawarkan paket investasi atas sarden Kiku dengan keuntungan mencapai 10 persen dari modal awalnya setiap minggu. Sistem investasi yang ditawarkan PT GAN adalah dengan memberikan modal awal minimal Rp5 juta kepada agen yang menawarkan paket. (art)

Nagita Slavina dan Raffi Ahmad.

Benarkah Raffi Ahmad Adopsi Bayi Lily? Kode "Dia Aku yang Adzanin" Jadi Sorotan

Nama bayi Lily sedang ramai diperbincangkan di kalangan penggemar keluarga Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Bayi Lily sendiri disebut-sebut merupakan bayi adopsi

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024