ADB Siapkan Pinjaman Siaga US$500 Juta

ADB
Sumber :
  • www.china.cn

VIVAnews- Asian Development Bank (ADB) menyediakan fasilitas pinjaman siaga sebesar US$500 juta atau Rp4,7 triliun untuk menghadapi gejolak pasar keuangan global terhadap perekonomian Indonesia. Bantuan ini merupakan rangkaian upaya pemerintah Indonesia untuk memperkuat kesiapan dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi global.

Dalam siaran persnya, bantuan ini merupakan bagian dari paket bantuan siaga yang lebih besar yang melibatkan pemerintah Jepang, Australia dan Bank Dunia untuk siaga menghadapi dampak negatif gejolak global.

Di sisi lain, ADB dan pemerintah sendiri telah menyetujui strategi kemitraan senilai US$2,5 miliar untuk mendorong pertumbuhan ekonomi untuk 2012-2014. Strategi kemitraan ini lebih menekankan proyek investasi dan pertumbuhan yang ramah lingkungna. Strategi ini akan fokus pada bantuan pinjaman maupun non pinjaman di enam sektor yaitu energi, transportasi, pengelolaan lingkungan, keuangan, air bersih dan layanan perkotaan lainnya, serta pendidikan.

"Meski Indonesia telah mencatat kemajuan mengesankan, masih banyak tantangan pembangunan yang harus dihadapi," kata Stephen P. Groff , Wakil Presiden ADB untuk wilayah Asia Timur, Asia Tenggara dan Pasifik, Senin 18 Juni 2012.

ADB akan membantu investasi terkait bidang infrastruktur untuk meningkatkan konektivitas dengan pasar dan memperbaiki akses terhadap layanan yang penting seperti energi, air bersih dan sanitasi. ADB juga bertujuan untuk meningkatkan akses terhadap layanan keuangan dan memperkuat pendidikan kejuruan. Di bidang lingkungan ADB akan membantu investasi untuk meningkatkan pengelolaan lingkungan secara berkelanjutan dengan memperbaiki pengelolaan daerah aliran sungai dan sumber daya air serta mendorong penggunaan sumber daya kehutanan secara berkelanjutan. (adi)

Gak Minta Kado, Maxime Bouttier Ngarep Quality Time Bareng Luna Maya di Hari Ulang Tahunnya
Mooryati Soedibyo

Profil Mooryati Soedibyo, Pendiri Mustika Ratu yang Meninggal Dunia

Ada berita duka cita yang menyelimuti kita hari ini. Mooryati Soedibyo, seorang pengusaha yang dikenal luas, telah berpulang pada Rabu, 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024