Pelancong RI ke Malaysia Terbanyak Kedua

Menara kembar (twin tower) Petronas, Kuala Lumpur, Malaysia.
Sumber :

VIVAnews - Di tengah keresahan publik Indonesia soal rencana Malaysia mendaftarkan Tarian Tor-tor dan Gordang Sambilan dalam warisan budayanya, jumlah pelancong dari Tanah Air ke Negeri Jiran itu ternyata merupakan yang terbanyak kedua sepanjang 2010 hingga 2011.

Posisi Indonesia dengan jumlah wisatawan ke Malaysia sebanyak 2,13 juta itu, hanya berada satu tingkat di bawah posisi puncak yang dihuni Singapura. Malaysia mencatat turis asal Singapura mencapai 13,37 juta orang.

Laporan jumlah kedatangan wisatawan ke Malaysia yang berlangsung selama Januari hingga Desember 2011 itu dikutip VIVAnews dari laman tourism.gov.my.

Dalam laporan Tourism Malaysia yang bekerja sama dengan Departemen Imigrasi, tercatat total jumlah wisatawan yang berkunjung ke Malaysia selama 2011 mencapai 24,71 juta orang. Jumlah ini naik 0,6 persen dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 24,57 juta orang.

Dari jumlah tersebut, turis asal Singapura masih mendominasi dan menempati posisi pertama. Jumlah turis asal Singapura yang mencapai 13,37 juta tersebut jauh lebih banyak dibandingkan negara-negara lainnya.

Sementara itu, jumlah turis asal Indonesia ke Malaysia yang berada di peringkat kedua turun 14,8 persen dibandingkan posisi setahun sebelumnya sebanyak 2,5 juta orang.

Tiga negara lain yang menyumbang jumlah wisatawan terbanyak ke Malaysia selama 2011 adalah Thailand sebanyak 1,44 juta orang, China (1,25 juta orang), dan Brunei Darussalam (1,23 juta orang).

Tak hanya dari Asia, turis yang berkunjung ke Malaysia juga banyak yang berasal dari Australia, Inggris, dan Amerika Serikat. Wisatawan asal negara maju yang berkunjung ke Negeri Jiran itu mencapai ratusan ribu orang. (art)

Kasus Pemerasan Firli Bahuri Mandek, Kombes Ade Safri: Pasti Tuntas
Nikita Mirzani

Nikita Mirzani Beberkan Pemicu Kandasnya Jalinan Asmara Hingga Soal Kesetiaan

Nikita Mirzani bercerita mendapatkan kekerasan baik secara fisik maupun mental dari sang mantan kekasih.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024