Sektor Energi Klaim Sumbang 30% Ekonomi RI

Kunjungan Menteri ESDM Jero Wacik Ke Depo Plumpang
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik mengaku bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga saat ini mencapai 6,5 persen.

Arti dan Peran Amicus Curiae yang Diajukan Megawati dan Habib Rizieq ke MK

"Pertumbuhan ekonomi ini didukung oleh semua sektor, termasuk ESDM di dalamnya," ujar Jero di gedung Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu 20 Juni 2012.

Jero menuturkan, pertumbuhan ekonomi itu berasal dari semua sektor yang tumbuh di Indonesia seperti minyak, batu bara, dan mineral lainnya. Untuk itu, ia mengklaim jika Kementerian ESDM menyumbang 30 persen dari angka pertumbuhan itu.

Kendati demikian, ia mengungkapkan bahwa untuk saat ini di sektor mineral sedang ada sedikit perlambatan. "Mineral kami agak rem sedikit, dengan kewajiban membangun smelter (industri pengolahan)," ujar Jero.

Namun, Jero mengatakan bahwa hal itu bukanlah masalah, karena pembuatan smelter nantinya akan tumbuh pesat dan pada saatnya bakal memicu banyak investor luar yang masuk ke pasar industri mineral di Indonesia.

"Saya yakin, nanti akan lebih banyak investor yang akan membantu industri ESDM untuk bersama-sama menaikkan pertumbuhan ekonomi Indonesia kembali," kata dia.

Toyota Fortuner Hybrid Sudah Ada di Diler, Segini Harganya

Jero menegaskan, pihaknya akan terus mengawal kebijakan pembangunan smelter agar bergerak ke arah yang benar. "Kami terus kawal dan permudah aturannya serta ditekankan pengamanan lingkungannya," tuturnya. (art)

Nikita Mirzani

Nikita Mirzani Ngaku Dapet Kekerasan dari Rizky Irmansyah, Lita Gading: Lapor Jangan Koar-koar

Kabar kandasnya hubungan asmara Nikita Mirzani dengan Rizky Irmansyah masih jadi sorotan publik. Pasalnya, Nikita Mirzani yang beberapa tahun belakangan ini diam.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024