Ekonomi Indonesia Tak Mungkin Tenggelam

Syarif Hasan
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Menteri Koperasi dan UMKM, Syarief Hasan, menyatakan perekonomian Indonesia tidak mungkin gagal seperti yang tercermin dalam survei Failed State Index 2012, di mana Indonesia turun ke peringkat 63 dan disebutkan sebagai negara gagal.

"Indonesia tidak mungkin tenggelam dan mana mungkin Indonesia negara gagal. Negara gagal itu kalau pertumbuhan ekonomi jelek atau negatif," kata Syarief Hasan dalam Entrepreneur Festival di Jakarta, Jumat 22 Juni 2012.

Syarief menambahkan, Indonesia tidak mungkin menjadi negara gagal, karena saat ini bergabung sebagai anggota G-20, yaitu perkumpulan negara-negara dengan perekonomian maju.

Selain itu, dia menjelaskan, Indonesia saat ini merupakan pilihan utama investor asing dalam menanamkan investasinya. Bahkan, dalam berbagai ulasan media massa asing, Indonesia merupakan tujuan investasi utama bersama-sama dengan India dan China.

Masuknya investasi, menurut Syarief, merupakan parameter pertumbuhan ekonomi Indonesia. Indonesia saat ini sangat diperhitungkan dunia, karena dikenal sebagai negara yang melakukan pengelolaan ekonomi makro yang luar biasa.

Sebagai contoh, rasio utang terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia terus turun. Pada 2004, rasio utang Indonesia 56 persen dan saat ini turun menjadi 24 persen. "Dibandingkan dengan Eropa, debt ratio rata-rata di atas 70-120 persen," ujarnya.

Dengan berbagai parameter tersebut, Syarief menegaskan, dirinya membantah jika Indonesia masuk dalam daftar negara gagal seperti diungkap dalam survei Failed State Index 2012. (art)

Sektor Manufaktur RI Jauh dari Deindustrialisasi, Ekonom Beberkan Buktinya
Anggota DPR RI Fraksi Gerindra, Sumail Abdullah

Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi

Anggota DPR dari Fraksi Partai Gerindra, Sumail Abdullah, dinilai menjadi salah satu nama yang berpotensi maju di Pilkada Kabupaten Banyuwangi dalam Pilkada serentak 2024

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024