BISNIS

Harga Cabai Merah Naik, Inflasi Juni 0,62%

Inflasi tertinggi pada kelompok bahan makanan yang naik 0,39 persen.
Senin, 2 Juli 2012
Oleh : Nur Farida Ahniar, R. Jihad Akbar
Badan Pusat Statistik

VIVAnews - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi Juni 2012 sebesar 0,62 persen. Sementara itu, inflasi tahun kalender sebesar 1,79 persen, dan inflasi year on year sebesar 4,53 persen. Inflasi disumbang kenaikan harga bahan makanan, terutama cabai dan bawang merah.

Inflasi inti Juni sebesar 0,34 persen, dan inflasi inti year on year sebesar 4,15 persen. "Inflasi inti masih di bawah inflasi umum. Ini menunjukkan hal yang bagus," ujar Kepala BPS Suryamin di kantornya, Jakarta, Senin, 2 Juli 2012.

Dari 66 kota untuk mengukur Indeks Harga Konsumen (IHK), semuanya mengalami inflasi. Inflasi tertinggi di Ambon sebesar 2,39 persen dan Manokwari 2,05 persen. Inflasi terendah terjadi di Bima sebesar 0,04 persen.

Menurut komponen pengeluaran, inflasi tertinggi terjadi pada kelompok bahan makanan yang naik 0,39 persen, makanan jadi sebesar 0,09 persen, dan kelompok perumahan, air, listrik, gas, serta bahan bakar 0,09 persen.

Bahan utama yang menjadi penyumbang inflasi yaitu cabai merah, karena kurangnya pasokan dan masih musim hujan di sentra produksi. Selain cabai, bawang merah juga mengalami kenaikan harga, karena terbatasnya pasokan. (art)

TERKAIT
TERPOPULER