Harga Cabai Merah Naik, Inflasi Juni 0,62%

Kantor BPS
Sumber :
  • Vivanews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi Juni 2012 sebesar 0,62 persen. Sementara itu, inflasi tahun kalender sebesar 1,79 persen, dan inflasi year on year sebesar 4,53 persen. Inflasi disumbang kenaikan harga bahan makanan, terutama cabai dan bawang merah.

Inflasi inti Juni sebesar 0,34 persen, dan inflasi inti year on year sebesar 4,15 persen. "Inflasi inti masih di bawah inflasi umum. Ini menunjukkan hal yang bagus," ujar Kepala BPS Suryamin di kantornya, Jakarta, Senin, 2 Juli 2012.

Dari 66 kota untuk mengukur Indeks Harga Konsumen (IHK), semuanya mengalami inflasi. Inflasi tertinggi di Ambon sebesar 2,39 persen dan Manokwari 2,05 persen. Inflasi terendah terjadi di Bima sebesar 0,04 persen.

Menurut komponen pengeluaran, inflasi tertinggi terjadi pada kelompok bahan makanan yang naik 0,39 persen, makanan jadi sebesar 0,09 persen, dan kelompok perumahan, air, listrik, gas, serta bahan bakar 0,09 persen.

Bahan utama yang menjadi penyumbang inflasi yaitu cabai merah, karena kurangnya pasokan dan masih musim hujan di sentra produksi. Selain cabai, bawang merah juga mengalami kenaikan harga, karena terbatasnya pasokan. (art)

Depok Jadi Tuan Rumah Pembukaan Pendaftaran PPK untuk Pilkada 2024
Ilustrasi konser musik.

Diduga Terganggu, Komika Usir Ibu Menyusui dan Bayinya saat Pertunjukkan

Komika Amerika Serikat (AS) Arj Barker memancing kontroversi setelah aksinya mengusir seorang ibu yang sedang menyusui bayinya di tengah pertunjukan.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024