Tiga Bank China Paling Untung Sedunia

Bank ICBC milik pemerintah China
Sumber :
  • Reuters

VIVAnews - Tiga bank yang paling banyak menghasilkan laba di dunia saat ini berada di China. Hal itu menggambarkan sejauh mana kekuatan keuangan telah beralih dari Eropa dan Amerika sejak krisis keuangan global.

Bank di China berhasil mengumpulkan 29 persen dari total keuntungan dari industri perbankan, atau naik  pesat dibanding pada 2007 yang hanya 4 persen. Sedangkan total laba bank Eropa jatuh menjadi 6 persen, dibanding lima tahun lalu yaitu yang menguasai 46 persen.

Menurut survei tahunan 1000 bank oleh Majalah Banker, Industrial Commercial Bank of China (ICBC) menjadi bank nomor satu di dunia yang mengumpulkan laba sebelum pajak sebesar US$43,2 miliar. Peringkat kedua, China Construction Bank dengan laba US$34,8 miliar. Peringkat ketiga, Bank of China dengan laba US$26,8 miliar.

"Kerugian Eropa merupakan keuntungan bagi China," ujar editor The Banker Brian Caplen seperti yang dikutip dari harian The Independent. Ia menambahkan bahwa perbankan China membuat jenis keuntungan yang hanya bisa menjadi mimpi bank Eropa.

Krisis zona euro saat ini telah menghancurkan industri perbankan di benua biru itu. Tercatat, 24 dari 25 bank dengan kinerja terburuk berasal dari Eropa.

Britain's Llyods Banking Group adalah bank urutan ke sembilan yang masuk peringkat bank dengan kerugian terbesar, yaitu rugi US$5,5 miliar. Sedangkan Royal Banks of Scotland berada di peringkat 21 dengan kerugian sebesar US$1,1 miliar.

Otto Hasibuan Sebut Gugatan Sengketa Pilpres Anies dan Ganjar Sebuah Kemunduran

"Sementara bank di Inggris banyak menderita kerugian, kinerja individu bank sangat bervariasi. Ada yang mengumpulkan keuntungan besar, ada yang membuat kerugian besar," ujarnya.

Dia mencatat HSBC masih menjadi bank yang paling menguntungkan nomor tujuh dunia, sementara Barclays yang berada di bawah tekanan atas skandal pengaturan tingkat suku bunga beradai di urutan ke 18 dari 1000 bank. (ren)

Gelandang Manchester City, Rodri

Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia

Declan Rice memberi pujian untuk Rodri jelang pertandingan antara Manchester City vs Arsenal di Etihad Stadium dalam lanjutan Premier League, Minggu malam WIB 31 Maret.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024