Wapres: Kawasan Industri Penopang Ekonomi

World Economic Forum 20
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf

VIVAnews - Wakil Presiden Boediono meyakini bahwa di masa depan, sumber utama kemajuan ekonomi Indonesia didorong sektor industri manufaktur.

THR Harus Dibayar Penuh Tak Boleh Dicicil, Menaker Terbitkan SE THR Keagamaan 2024

"Kunci dari kemajuan pembangunan ekonomi ke depan akhirnya pada sektor itu. Kita punya banyak kegiatan, tetapi sumber kemajuan ini nanti industri manufaktur," kata dia saat memberikan sambutan pembukaan Munas VI Himpunan Kawasan Industri di Istana Wapres, Jakarta, Selasa 3 Juli 2012.

Menurut Boediono, Indonesia tidak bisa terus-menerus mengandalkan sumber daya alam sebagai penyokong pertumbuhan ekonomi, karena sektor ini bersifat terbatas.

Sementara itu, sektor industri manufaktur, dia melanjutkan, bersifat jangka panjang. Selain itu, industri tersebut menyerap banyak tenaga kerja, fokus pada proses kerja, dan sasaran meningkatkan efisiensi serta produktivitas yang dapat menggunakan teknologi.

"Banyak teknologi untuk memperbaiki produktivitas dan efisiensi di manufaktur. Sektor lain ada yang seperti itu, tapi manufaktur paling diuntungkan," kata Boediono.

Selain itu, Boediono mengatakan bahwa untuk melakukan industrialisasi skala besar membutuhkan waktu dan konsistensi. Namun, dengan penyediaan kawasan industri dapat membuka peluang industrialisasi skala besar terwujud.

Menurut Wapres, kehadiran kawasan industri merupakan awal dan pemicu menuju industrialisasi Indonesia ke depan. Kawasan industri ini diharapkan dapat menumbuhkan industri-industri pendukung yang kemudian menciptakan industrialisasi.

"Memang, jika suatu negara ingin langsung membangun industri sulit. Caranya,  pakai trigger. Jika kawasan industri ini bisa menjadi trigger, proses menuju industrialisasi lebih luas bisa terjadi," tuturnya. (art)

Gelandang Timnas Indonesia U-23, Marselino Ferdinan

Ini Live Streaming Timnas Indonesia U-23 Vs Korea Selatan di Perempat Final Piala Asia

Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Korea Selatan pada babak perempat final Piala Asia U-23 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024