Rawan Tekanan, IHSG Dibuka Menguat

Bursa saham di Jakarta
Sumber :
  • REUTERS/ Enny Nuraheni

VIVAnews - Aksi beli pelaku pasar saham di Bursa Efek Indonesia masih ramai, meski indeks harga saham gabungan rawan tertekan secara teknis, karena empat hari terakhir menguat berturut-turut.

IHSG dibuka naik ke level 4.086,32 pada perdagangan Kamis 5 Juli 2012, melanjutkan prapembukaan pagi tadi yang menguat 10,42 poin atau 0,25 persen di posisi 4.086,34.

Menurut analis PT Equator Securities, Gina Novrina Nasution, penguatan IHSG pada awal transaksi hari ini dipicu sentimen pencatatan perdana saham PT Kobexindo Tractors Tbk (KOBX) di BEI dan aksi beli saham sektor tambang, perkebunan, dan properti.

Qualcomm Snapdragon X Plus, Chipset Pendukung Laptop AI

"Jadi, hal itu membuat pasar masih ramai, walau cenderung terkoreksi secara teknis," kata dia kepada VIVAnews di Jakarta, Kamis.

Selain itu, dia menambahkan, bursa regional Asia yang berfluktuasi turut memberikan sentimen ke lantai bursa domestik. Tercatat, indeks Nikkei dan Kospi dibuka melemah tipis, sedangkan Straits Times dibuka menguat.

Kendati demikian, Gina mengaku bahwa IHSG lebih cenderung tertekan, karena dalam hampir sepekan perdagangan menguat banyak. "Jadi, kalau naik juga terbatas," tuturnya.

Terbukti, pada menit keempat setelah perdagangan dibuka, indeks terkoreksi dan hingga berita ini diturunkan kembali bercokol di teritori negatif, meski masih bertahan di atas level psikologis 4.000.

Analis PT Panin Sekuritas Tbk, Purwoko Sartono juga berpendapat bahwa indeks berpeluang terkoreksi, karena dalam empat hari terakhir menguat berturut-turut dan cukup tinggi penguatannya.

"Sisi teknis menunjukkan potensi pelemahan," kata dia saat dihubungi VIVAnews di Jakarta.

Menurut Purwoko, sentimen eksternal seperti aksi pelaku pasar global yang menanti keputusan Bank Sentral Eropa hari ini mengenai tingkat suku bunga acuan perbankan, -- yang membuat laju bursa Asia Pasifik tertahan pagi ini-- turut memengaruhi IHSG.

Ganjar Beri Sinyal PDIP di Luar Pemerintahan, Gerindra Tetap Ajak Bersama-sama

Sementara itu, pada transaksi perdana hari ini, saham Kobexindo hingga pukul 10.05 WIB menguat Rp50 (12,5 persen) ke level Rp450, dari harga perdana Rp400. Harga saham di sektor alat berat ini sempat menguat ke level tertinggi Rp480 dan terendah Rp420 per saham. (art)

Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) mengadili kasus pelanggaran etik

Hakim Guntur Hamzah Tak Terbukti Langgar Kode Etik Meski Punya Jabatan di Asosiasi Pengajar HTN

Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) menyatakan Hakim Konstitusi M. Guntur Hamzah tak terbukti melanggar kode etik dan perilaku hakim konstitusi.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024