Top Dunia, AirAsia Lampaui Singapore Airlines

AirAsia
Sumber :
  • REUTERS/Charles Platiau

VIVAnews - Satu majalah industri penerbangan yang sangat berpengaruh di Amerika Serikat, Aviation Week, menobatkan AirAsia sebagai Top Performing Airlines 2012. AirAsia mengalahkan maskapai penerbangan bergengsi, Singapore Airlines, dan maskapai berbiaya hemat terbesar di Eropa, RyanAir.

Penghargaan ini berdasarkan analisa statistik kinerja operasional dan keuangan sebuah maskapai penerbangan. AirAsia menduduki peringkat teratas dalam kategori pendapatan tahunan sebesar US$250 juta - US$2 miliar.

Studi Top Performing Airlines mengumpulkan semua data dan menilai maskapai penerbangan dalam lima kategori yang berbeda, kemudian menjumlahkan semua hasil penilaian. Data keuangan dari tahun fiskal terakhir juga digunakan sebagai bahan referensi. AirAsia menduduki peringkat teratas dengan total nilai 81 poin, RyanAir menduduki peringkat kedua dengan 78 poin, kemudian disusul Singapore Airlines dengan 70 poin.

“Ini sangat menakjubkan, karena siapa yang mengira 10 tahun lalu AirAsia akan berada di posisi teratas seperti sekarang,” kata CEO Grup AirAsia Tony Fernandes.

Maskapai asal Malaysia itu kerap mendapat penghargaan sebagai maskapai penerbangan berbiaya rendah terbaik dunia dari konsultan penerbangan ternama, Skytrax. AirAsia mengalahkan Jetstar Airways dan Virgin America.

AirAsia menjadi populer karena produk dan layanannya sangat consumer-friendly. Hal ini terlihat dari harga yang hemat, armada yang modern, frekuensi, jaringan penerbangan yang luas, serta sistem pembayaran dan pemesanan tiket yang mudah. Tidak hanya itu, para calon penumpang juga dapat memilih sendiri layanan tambahan yang mereka inginkan, seperti makanan di pesawat, jenis kursi penerbangan (hot seat atau standar seat), dan biaya bagasi.     

Sejak diluncurkan sebagai maskapai penerbangan berbiaya rendah pada 2001, AirAsia telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Mulai dari 250 karyawan, dua pesawat, dan satu destinasi. Saat ini AirAsia telah menjadi grup bertaraf ASEAN dengan lebih dari 8.000 karyawan, 104 pesawat, dan lebih dari 78 destinasi.  (umi)

Gandeng IDH.ID, KoinWorks Sediakan Layanan Pay Later bagi UMKM dan Ritel
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jokowi Launches Permanent Housing After Disaster in Central Sulawesi

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) inaugurated several post-disaster tsunami revitalization projects in 2018 during his working visit to Central Sulawesi Province.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024