BISNIS

10 Model Usaha Murah untuk Mulai Berbisnis

Bisnis ini bisa dimulai bahkan ketika Anda masih menjadi mahasiswa.
Selasa, 10 Juli 2012
Oleh : Syahid Latif
Kaos bertema cicak versus buaya dijual di sebuah toko

VIVAnews - Bagi mahasiswa atau masyaratat umum yang memiliki insting entrepreneur maupun bisnis, membangun sebuah bisnis seolah telah menjadi dambaan hidup.  Bahkan, mereka telah berangan-angan untuk menjadi bos dari bisnis yang dibuatnya.

Tak seperti program magang di musim panas, terdapat model bisnis yang menempatkan para mahasiswa untuk bertanggungjawab mengelolanya sekaligus menjadi pengalaman yang akan menuntunnya di masa depan. 

Dikutip dari laman bussinesinsider, berikut adalah 10 model bisnis murah yang bisa mulai digarap sejak mahasiswa:

1. Kios makanan

Setidaknya ada tiga hal yang diperlukan untuk mulai berbisnis kios makanan yaitu kios, lisensi untuk menjual, dan makanan untuk dimasak. 

Sejumlah situs di internet seperti GigMasters.com kini telah menawarkan jasa sewa lapak makanan untuk seluruh kawasan Amerika Serikat. Kalau tak mau repot, Anda bisa membuat kios sendiri. 

Kunci utama untuk menjalankan bisnis ini adalah menemukan lokasi strategis seperti dekat kampus maupun kawasan pusat perbelanjaan. 

2. Pemasaran alat kosmetik

Jika Anda merasa memiliki kemampuan di bidang penjualan dan ingin mengelola bisnis sendiri tanpa menambah biaya, menjadi marketing dari produk kosmetik bisa menjadi pilihan tepat. Dengan menjadi Avon Sales Representative, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar US$10 dan langsung mulai menjalankan bisnis sendiri. 

Untuk memulai bisnis ini, buatlah jam kerja Anda, ruangan khusus di rumah, dan jalankan bisnis sesuai keinginan Anda. 

3. Bimbingan Belajar (Bimbel)

Tak ada satu pun pihak yang dinilai memenuhi syarat untuk mengajar para pelajar selain mahasiswa. Di AS, untuk menyiapkan buku persiapan SAT (sejenis tes), hanya butuh mengeluarkan biaya US$20-30. 

Untuk mulai melakukan bisnis ini, siapkan modal untuk mempromosikan bisnis Anda di media lokal serta sejumlah lokasi-lokasi umum. Tetapkan biaya Bimbel yang masuk akal. 

4. Bisnis T-Shirt

Raymond Lei, pencipta ooShirt, memulai bisnis sejak masih menjadi mahasiswa. Jika Anda memiliki sisi humoris sekaligus desain, mulailah berpikir untuk membuat perusahaan pembuat t-shirt. Setelah penuh dengan ide-ide kreatif, langkah selanjutnya Anda harus menemukan jasa percetakan yang tepat. Persoalan biaya tergantung pada banyaknya kaos yang dihasilkan. Namun seiring makin banyaknya pembeli, keuntungan yang Anda dapatkan akan semakin besar pula.

5. Jasa angkutan

Untuk memulai bisnis ini, yang Anda butuhkan adalah kendaraan, SIM, dan buku petunjuk. Di AS, truk U-Haul bisa disewa dengan tarif US$20-40 per hari. Bersambung.... (umi)

 

 

TERKAIT
TERPOPULER