BISNIS

Kemendag Dukung Upaya Tak Impor Garam, Asal..

Upaya swasembada garam dicanangkan Kementerian Kelautan dan Perikanan.
Kemendag Dukung Upaya Tak Impor Garam, Asal..
garam (inmagine)

VIVAnews - Kementerian Perdagangan sepenuhnya mendukung upaya swasembada garam seperti yang dicanangkan oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan. Pencanangan ini, menurut Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi, adalah niatan yang sangat baik.

Namun, Bayu mengatakan masih banyak hal yang perlu dilakukan sebelum swasembada ini bisa terlaksana. Karena saat ini garam bukan hanya untuk kebutuhan konsumsi semata, tapi juga untuk industri.

"Industri saja bisa memakan 40 persen dari keseluruhan konsumsi garam di Indonesia," ucap Bayu di Jakarta, 13 Juli 2012.

Bayu manambahkan, industri seperti makanan-minuman, plastik, bahkan kertas juga ikut menjadi konsumen. Permintaan dari industri ini menurut Bayu membuat garam untuk keperluan industri ini mensyaratkan beberapa hal khusus seperti tingkat kehalusan, kadar abu, bahkan sampai kadar NaCl-nya.

Hal ini yang menurut Bayu menjadi tantangan ke depan untuk pemerintah. "Apa bisa kita menghasilkan itu dengan jumlah yang mereka butuhkan?" ujarnya.

Permasalahan pun menurut Bayu tidak hanya sampai di sana. Permasalahan harga menurutnya juga akan sangat berpengaruh. Karena jika mengimpor garam lebih murah dan lebih baik, tentu saja impor garam akan terus dilakukan.

Bayu menilai kalau mungkin yang perlu dilakukan adalah mendorong terjadinya investasi di dalam bisnis pembuatan garam. Ini yang menurut Bayu yang akan semakin mendukung program Kementrian Kelautan dan Perikanan.

"Kalau kita jika industri di dalam negeri telah mampu pasti kita dukung 100 persen niat baik tersebut," tuturnya. (umi)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...