Harga Pangan Dunia Melambung Tinggi

Panen Jagung
Sumber :
  • REUTERS/John Sommers II

VIVAnews - Hujan yang tersebar di kawasan Barat Tengah Amerika Serikat tak memadamkan kekhawatiran bahwa kekeringan terburuk AS dalam setengah abad ini segera berakhir. Kekhawatiran telah menyebabkan harga pangan melonjak tajam.

Kantor berita Reuters, Jumat 20 Juli 2012 melaporkan, jagung untuk pengiriman September di Chicago Board of Trade mencapai rekor tertinggi sebesar US$8,16 per bushel, sementara kedelai untuk pengiriman Agustus juga mencatat rekor U$17,49 per bushel.

Arus Mobil saat Mudik 2024 Meningkat, Astra Infra Siapkan Hal Ini

Harga Gandum untuk September juga naik 4 persen menjadi US$9,35 dan menetapkan ke level tertinggi dalam empat tahun. Sekadar informasi, 1 bushel jagung setara 25,4 kg sedangkan gandum dan kedelai setara 27,2 kg.

Pusat Prediksi Iklim National Oceanic and Atmospheric Administration untuk Kawasan Barat Tengah AS memperkirakan tidak menutup kemungkinan kekeringan di jantung AS bisa bertahan hingga akhir Oktober.

Menurut laporan terbaru yang dikeluarkan AS pada Kamis, lebih dari setengah Amerika Serikat mengalami kekeringan sedang atau buruk pada pekan ini.

Lebih dari 70 persen kawasan Midwest Corn Belt tengah mengalami beberapa tahap kekeringan dalam pekan yang berakhir 17 Juli, naik dari 63 persen pada minggu sebelumnya. Ini menjadikan kekeringan terburuk di Amerika Serikat setidaknya sejak tahun 1956.

"Kami tidak memiliki alasan untuk mengatakan itu akan membaik," kata Kelly Helm Smith dari Pusat Mitigasi Kekeringan Nasional, dalam media briefing pada Kamis.

Dia menambahkan bahwa kondisi panas dalam beberapa bulan mendatang juga mungkin akan melebihi level saat ini. Banyak eksportir gandum mulai membatalkan kontrak penjualan.

"Banyak pembeli menunggu dengan harapan bahwa hujan di AS dan Eropa Timur akan mendinginkan harga," kata seorang eksportir gandum. "Tapi ini tidak terjadi, kekeringan dan AS belum berakhir."

Dua pertanyaan besar di Corn Belt AS, berapa rendahnya panen dan seberapa tinggi harga, masih belum terjawab.

Iowa dan Illinois, yang bersama-sama menghasilkan sekitar sepertiga dari seluruh jagung dan kedelai AS, juga masih terus terpanggang kekeringan. (eh)

Otto Hasibuan: Kami Minta Megawati Dipanggil di Sidang MK, Mau Enggak?
Kegiatan kelompok usaha PT Bumi Resources Tbk.

BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023

PT Bumi Resources Tbk (BUMI) mencatatkan pendapatan secara konsolidasian mencapai US$6,57 miliar di sepanjang tahun 2023. Tercatat, bahwa pendapatan BUMI berdasarkan PSAK

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024