Kementan Yakinkan Pasokan Pangan Aman

Kios daging sapi di suatu pasar.
Sumber :
  • ANTARA/Arief Priyono

VIVAnews - Kementerian Pertanian menyatakan bahwa pasokan dan harga bahan-bahan pokok di bulan Puasa dan menjelang Lebaran tahun ini aman. Untuk pasokan daging sapi, Indonesia masih surplus sekitar dua ribu ton.

Alasan Heerenveen Izinkan Nathan Tjoe-A-On Kembali ke Timnas Indonesia U-23

"Sampai Lebaran nanti semua aman," ujar Wakil Menteri Pertanian, Rusman Heriawan dalam konfrensi pers sehabis rapat pleno stabilisasi harga menjelang lebaran di Kementrian Pertanian, Jakarta, Selasa 24 Juli 2012.

Rusman merinci, sejauh ini pasokan untuk beras dari Bulog juga tidak ada masalah. Keamanan ini ditandai dengan pasokan di pasar induk beras Cipinang masih stabil di angka dua ribu ton per harinya.

Untuk daging sapi, pemerintah pun menyatakan stok masih mencukupi. Memang sempat terjadi kenaikan yang luar biasa dalam beberapa hari awal puasa, namun dia yakin harga akan turun kembali.

Untuk pasokan daging sapi konsumsi bulan ini, Indonesia masih surplus sekitar dua ribu ton. Sedangkan untuk daging industri, Kementerian Pertanian telah menyetujui penambahan impor daging sapi untuk industri sebesar tujuh ribu ton.

Tegas, Ustaz Khalid Basalamah Sebut Anak Perempuan Tak Boleh Beri Nafkah Ke Ayahnya Jika...

Sementara itu, untuk daging ayam, Rusman menilai bahwa tanda-tanda kelangkaan daging ayam masih belum terasa, ditambah lagi dengan harga yang masih stabil.

Untuk cabai merah dan juga bawang merah, ia menilai, kedua bumbu masak ini pasokannya juga akan aman hingga Lebaran.

Waktu Lebaran, menurut Rusman, jatuh tidak lama sesudah panen raya. Untuk itu, pada saat permintaan melonjak pasokan juga sedang banyak-banyaknya. "Biasanya bila sedang panen untuk satu komoditas tertentu, tidak akan pengaruhi harga cukup banyak," ujarnya.

IHSG Hari Ini Diprediksi Kembali Menguat Ditopang Fundamental Ekonomi RI
Prabowo-Gibran pantau quick count di Istora Senayan, Jakarta,  Rabu (14/02/24)

KPU Sebut Tak Ada Lagi Lembaga Peradilan Bisa Batalkan Kemenangan Prabowo

KPU akan menetapkan pasangan Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih periode 2024-2029.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024