Harga Kedelai Dunia Turun 6%

Panen Jagung
Sumber :
  • REUTERS/John Sommers II

VIVAnews - Harga kedelai dan jagung dunia turun drastis menyusul terjadinya hujan di Wilayah Barat Tengah Amerika Serikat selama 10 hari terakhir. Hujan diharapkan bisa menghidupkan kembali tanaman kedelai dan jagung yang mengering akibat kemarau panjang terparah lebih dari 50 tahun terakhir.

Kantor berita Reuters melaporkan harga kedelai di bursa berjangka Chicago Board of Trade (CBOT) pada Selasa 24 Juli diperdagangkan US$16,66 per bushel, turun 6 persen dari rekor tertinggi US$17,77 yang terjadi pada Jumat. Sementara itu komoditas jagung diperdagangkan sekitar US$8 per bushel, turun lebih dari 3 persen dari catatan rekor US$8,28 pada Jumat. Profit taking atas dua komoditas itu terjadi dua hari berturut-turut.

Kekeringan paling luas dan terparah lebih dari setengah abad di Amerika Serikat ini telah menyebabkan kemerosotan produksi kedelai dan jagung. Kondisi ini mengkhawatirkan negara pengekspor bahan pangan terbesar dunia ini tak bakal bisa memenuhi kebutuhan dunia, khususnya bagi perusahaan pengolahan makanan, pengolahan pakan ternak, dan perusahaan pembuat bioetanol.

Kurangnya hujan juga telah mengeringkan sungai dan memperlambat pengiriman komoditas ekspor melalui jalur sungai menuju Teluk Meksiko. Kondisi ini menyebabkan harga kedelai dan jagung melonjak hingga mencapai rekor pada akhir pekan lalu.

Namun, hujan mulai sering terjadi ini sedikit meredakan kekhawatiran itu. Para pedagang komoditas pun akhirnya melakukan aksi ambil untung dengan melepas barang.

"Ada kesempatan hujan yang lebih baik dari Minnesota ke Michigan dan ke timur Lembah Sungai Ohio," kata Jason Nicholls, ahli meteorologi untuk AccuWeather yang memprediksi 10 hari ke depan.

Sementara itu di Indonesia harga kedelai yang melambung lebih dari Rp8.000 per kilogram membuat perajin tahu dan tempe di Jakarta mogok produksi. Mogok dilakukan untuk memprotes pemerintah agar bisa mengendalikan harga ke level normal sekitar Rp6.000 per kg.

Hattrick! Pendeta Gilbert Dilaporkan Lagi soal Penistaan Agama ke Polda Metro
Sekretaris Jenderal DPP PKS Habib Aboe Bakar

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang

Partai Keadilan Sejahtera, siap menggelar karpet merah untuk Prabowo Subianto, Presiden terpilih Pilpres 2024. Itu akan dilakukan jika Prabowo hadir di halal bi halal PKS

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024