Mogok Massal, Tempe-Tahu di Depok Langka

Sweeping Para Produsen Tahu
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Meroketnya kedelai sebagai bahan baku pembuat tempe dan tahu, turut dirasakan oleh hampir seluruh produsen rumahan di Kota Depok, Jawa Barat.

Direstui Surya Paloh untuk Maju Pilkada DKI 2024, Anies Baswedan Bilang Begini

Para perajin tahu dan tempe kompak mogok kerja lantaran mahalnya biaya produksi. Alhasil, kini makanan rakyat itupun langka di sejumlah pasar tradisional di Kota Depok. Kabarnya mogok berlangsung selama tiga hari, terhitung hari ini hingga 27 Juli mendatang.

Beberapa di antaranya di Pasar Agung, Depok II Tengah dan Pasar Pucung. Para pedagang di pasar tersebut mengaku, tahu dan tempe sudah mulai langka sejak dua hari lalu. Menurut karyawan Pabrik Tahu Suyono, Sholeh, mogok bukan hanya di Depok tapi Sejabodetabek.

Kejar Target Pembangunan, Pekerja Proyek IKN Mudik Diantar Pakai Hercules

"Pimpinan saya yang mendapat surat pemberitahuan untuk mogok produksi selama tiga hari, dari tanggal 25 sampai 27 Juli. Sebab kenaikan harga kedelai kali ini yang terparah," ucap Sholeh saat ditemui VIVAnews di pabrik tempatnya bekerja di RT10/05, Ratujaya, Cipayung, Depok Rabu 25 Juli 2012.

Harga kacang kedelai impor, jelas Sholeh, saat ini berkisar Rp80. 000 per kwintal dari harga sebelumnya Rp70. 000 per kwintal. Atau harga tahu yang awalnya Rp5.000 tiga potong, menjadi Rp 2500 per potong. "Banyak dari industri tahu tempe bahan bakunya adalah kacang kedelai impor. Kalau lokal hasilnya kurang bagus," katanya.

Jika nantinya harga kacang kedelai tak juga turun sesuai harapan produsen, maka mau tidak mau harga jual tahu dan tempe akan dinaikkan. "Ya kita lihat aja nanti bagaimana," ucap Sholeh. (eh)

Puncak Arus Balik Lebaran 2024 di Bandara Soetta Mulai Menurun
Verrell Bramasta

Verrell Bramasta Pamer Momen Liburan ke Jepang, Boyong Ibunda Usai Lebaran

Tidak hanya itu, selama liburan Verrell Bramasta menunjukan sikap mandiri yang tidak ingin mengandalkan bantuan orang lain. Seperti, yang tertangkap kamera baru-baru ini.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024