Saham Unggulan Angkat Bursa RI

Lantai Bursa Efek Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Pasar saham di Bursa Efek Indonesia kembali ramai oleh transaksi beli investor. Kondisi itu memicu indeks harga saham gabungan (IHSG) kembali menguat dan bertengger di atas level psikologis 4.100.

IHSG dibuka naik di posisi 4.142 pada awal transaksi Senin 6 Agustus 2012, melanjutkan prapembukaan pagi tadi yang menguat 39,80 poin atau 0,97 persen ke level 4.139,61.

Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024

Sementara itu, pada penutupan perdagangan Jumat, 3 Agustus 2012, indeks berakhir naik menjadi 4.099,81 dari dua transaksi terakhir yang melemah.

Sementara itu, berdasarkan data BEI, saham-saham unggulan menguat cukup signifikan pada awal perdagangan hari ini. Saham-saham tersebut di antaranya, PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG), PT Gudang Garam Tbk (GGRM), PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR), PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP), dan PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI).

Meet Nicole Shanahan, VP Candidate of the United States

Menurut analis PT Phillip Securities Indonesia, Gunawan Sutanto, indeks diperdagangkan menguat hari ini, karena dipicu sentimen pasar yang membaik, setelah data ketenagakerjaan Amerika Serikat yang dirilis Jumat malam lalu lebih baik dari perkiraan.

"Pelaku pasar juga cenderung melihat bahwa Bank Sentral Eropa akan segera mengambil tindakan untuk menahan meluasnya krisis utang di zona euro," kata Gunawan dalam risetnya kepada VIVAnews di Jakarta, Senin.

Analis PT BNI Securities, Viviet S. Putri, juga berpendapat, pergerakan positif bursa AS, setelah data tenaga kerja AS melonjak 163 ribu lapangan kerja atau di atas ekspektasi yang hanya 100 ribu, menjadi sentimen positif ke bursa.

Selain itu, dia menambahkan, berita seputar perkembangan krisis Eropa, yakni langkah Yunani yang memastikan komitmennya untuk segera menjalankan agenda reformasi sesuai persyaratan dikucurkannya dana talangan (bailout) turut memengaruhi pasar.

"Namun, indeks bursa acuan di kawasan regional yang cenderung mengalami tekanan jual akan membatasi penguatan IHSG," tutur Viviet. (art)

Live World Boxing di tvOne, Minggu, 31 Maret 2024, Jam 09.00 WIB

Live World Boxing Welter Super WBO dan WBC, Tszyu vs Sebastian Fundora Tayang Akhir Pekan di tvOne

tvOne akan kembali menayangkan Live Wolrd Boxing akhir pekan ini hari Minggu, 31 Maret 2024 pukul 09.00 WIB LIVE dari T-Mobile Arena Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024