Dahlan Akan Ungkap 25 Pembeli Ferrari Listrik

Dahlan Iskan Coba Mobil Listrik Depok
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan, berjanji bakal mengungkapkan 25 nama pemesan mobil listrik sejenis Ferrari. Namun, hal itu baru dilakukan jika kendaraan listrik jenis sport ini sudah bisa menempuh jarak 1.000 ribu kilometer.

"25 orang pembeli ini adalah orang-orang kaya yang saya ajak untuk ikut membeli," kata Dahlan dalam Temu Akbar Engineering BUMN Tahun 2012 di Gedung Pertamina, Jakarta, Rabu 8 Agustus 2012.

Dahlan menegaskan, ke-25 pemesan tersebut telah setuju untuk membeli mobil listrik seharga Rp1,5 miliar per unit. Sedikit bocoran, Dahlan mengatakan, beberapa di antara para pemesan mobil itu berasal dari kalangan pengusaha. "Respons dari mereka sangat positif," ujarnya. 

Terkait perkembangan pembuatan mobil Ferrari listrik tersebut, saat ini perusahaan perakit masih menunggu pasokan baterai yang kabarnya sudah siap didatangkan ke Indonesia. Sepekan kemudian, baterai tersebut sudah siap dipasang dalam rangka mobil.

Intip Persiapan PLN IP Pasok Listrik Dukung Kesuksesan KTT WWF ke-10 di Bali

"Keluar dari pelabuhan langsung dipasang kira-kira seminggu sampai 10 hari lagi," ujarnya.

Baterai mobil Ferrari listrik tersebut berjenis lithium dan langsung diimpor dari Amerika Serikat. Ke depannya, Dahlan berharap Indonesia bisa membangun pabrik baterai untuk mobil listrik sendiri.

"Untuk baterai, yang jelas sekarang ini lagi bangun pabrik untuk produksi baterai lithium itu di daerah Bekasi," tuturnya.

Seperti diketahui, Dahlan Iskan menggagas pembuatan mobil listrik yang sedang dikembangkan empat "Putra Petir", antara lain Dasep Ahmadi, Danet Suryatama, Mario Rifaldi, dan Ravi Desai.

Dahlan menjelaskan bahwa saat ini keempatnya tersebut sedang mengembangkan mobil listrik dengan empat macam, yaitu sejenis Carry, Avanza, Yaris, dan Ferrari. Selama ini, Dahlan senantiasa menyetir sendiri mobil listrik sejenis Avanza.

Sementara itu, mobil listrik mewah sejenis Ferrari, semula akan diluncurkan pada 6 Agustus 2012. Hingga saat ini, mobil listrik mewah seharga Rp1,5 miliar per unit ini telah dipesan 25 orang konglomerat Indonesia. Tidak cuma pengusaha, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga ikut memesan. (art)

Geger Wanita Muda Disekap di Apartemen Kawasan Kemayoran, Kondisinya Memprihatinkan
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad

Gerindra Siapkan Surat Rekomendasi untuk Khofifah-Emil di Pilkada Jatim 2024

Saat ini Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak telah resmi diusung Golkar.

img_title
VIVA.co.id
20 Mei 2024